Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita BanjarPasca Kelulusan SMA, Pemohon AK-1 di Banjar Sepi

Pasca Kelulusan SMA, Pemohon AK-1 di Banjar Sepi

Photo: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Meski pengumuman kelulusan Ujian Nasional (UN) jenjang SMA/SMK sudah berlangsung sepekan, namun tingkat pencari kerja di Kota Banjar belum terlihat mengalami lonjakan.

Hal ini berdasarkan data jumlah pemohon Kartu Kuning atau AK-1 yang tercatat di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjar hingga hari Senin kemarin (26/05/2014).

Menurut Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinsosnaker Kota Banjar, Wasino, saat dihubungi HR melalui telepon selularnya, Senin (26/05/2014), mengatakan, warga yang mengakses kartu pencari kerja masih relatif normal. Sedangkan pemohon kartu AK-1 dari kalangan siswa sekolah pasca kelulusan belum terlihat.

“Kemungkinan masih sepinya pemohon Kartu Kuning akibat siswa sekolah SMA atau SMK belum menerima ijazah, walaupun sudah ada pengumuman kelulusan. Padahal, kami memberikan keringanan bagi pemohon yang belum menerima ijazah, mereka cukup membawa surat keterangan lulus dari pihak sekolah,” katanya.

Wasino menjelaskan, keringanan dalam proses pembuatan AK-1 bagi siswa yang baru lulus semata-mata untuk memberikan kemudahan. Mereka tinggal datang ke Kantor Disosnaker dengan membawa bukti surat keterangan lulus guna mencetak kartu.

“Kemungkinan lonjakan pemohon kartu pencari kerja dari siswa yang baru lulus sekolah akan terjadi mulai hari Rabu besok (28/05/2014), menyusul turunnya ijazah sekolah, dan akan diketahui hasil inventarisir pemohon pasca kelulusannya mulai minggu depan,” ujar Wasino.

Pihaknya juga mengaku sudah siap bila dalam beberapa hari kedepan terjadi peningkatan jumlah permintaan kartu AK-1. Bahkan, jika ada informasi mengenai lowongan pekerjaan akan langsung memberitahukan kepada pemohon. (Nanks/Koran-HR)

- Advertisment -