Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita PangandaranPerangkat Desa di Pangandaran Pusing, ADD Belum Cair

Perangkat Desa di Pangandaran Pusing, ADD Belum Cair

Foto: Ilustrasi

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Alokasi Dana Desa (ADD) untuk tahun 2014 ini belum diketahui secara pasti kapan bisa dicairkan. Perangkat desa di wilayah Kabupaten Pangandaran belum mendapat keterangan pasti apa yang menjadi penyebab pencairan ADD lambat. Akibatnya mereka menjadi dibuat pusing tujuh keliling, tapi tidak bisa berbuat apa-apa.

Sekretaris Desa Cibogo, Kecamatan Padaherang, Warli, Senin (26/5/2014), di ruang kerjanya, mengatakan, sudah hampir memasuki pertengahan tahun, ADD belum juga cair. Padahal, kata dia, ADD seharusnya cair pertriwulan.

Diakui Warli, akibat keterlambatan pencairan ADD tersebut, sejumlah agenda pembangunan di tingkat desa menjadi sedikit terhambat. Bahkan para perangkat desa juga terpaksa harus gigit jari akibat tunjangan mereka tidak cair.

“Biasanya ADD yang diterima desa mencapai seratus juta rupiah perbulan Maret. Sekarang Bulan Mei sudah mau habis, tapi belum juga ada kabar,” katanya.

Ditempat terpisah, Darja, perangkat desa lainnya, mengaku tidak habis pikir, kenapa proposal pengajuan pencairan yang sudah dibuatnya selalu disalahkan dan ditolak Bagian Pemdes Kabupaten Pangandaran.

Kepada HR, Darja mengaku kesal. Apalagi, Bagian Pemdes tidak memberikan arahan berikut contoh proposal pengajuan pencairan yang baik dan benar. Hal ini yang membuat perangkat desa di Kabupaten Pangandaran menjadi bingung.

Seperti diinformasikan Kasi Tata Pemerintahan Desa Kabupaten Pangandaran, Karsim, mengatakan, pihaknya mendahulukan pencairan ADD bagi desa yang sudah mengusulkan atau mengajukan proposal.

“Yang belum membuatnya terpaksa ditinggalkan. Sesuai informasi, Minggu depan, ADD dipastikan bisa cair,” katanya. (ntang/Koran-HR)

- Advertisment -