Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita CiamisPutus Rantai Peredaran Narkoba, Mahasiswa Ciamis di Test Urine

Putus Rantai Peredaran Narkoba, Mahasiswa Ciamis di Test Urine

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, saat melakukan pemeriksaan test urine, di kampus STIKES Muhammadiyah Ciamis, Rabu (21/05/2014). Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, kembali menggelar kegiatan tes urine dalam upaya pemberantasan narkoba di kalangan masyarakat. Kali ini, BNN memeriksa ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Muhamadiyah Ciamis, di Aula Kampus STIKES, Rabu (21/05/2014).

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat BNNK Ciamis, Aris Nuryana, mengatakan, kegiatan test urine ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa. “Bila ada mahasiswa yang terindikasi pemakai narkoba, maka kami akan rekomendasikan untuk direhabilitasi,” katanya.

Menurut Aris, untuk memutus mata rantai peredaran narkoba di kalangan mahasiswa, salah satu cara yang dilakukan, yakni dengan melakukan test urine yang digelar secara mendadak.

“Sebelumnya tidak ada pemberitahuan, baik kepada pihak kampus maupun mahasiswa terkait pemeriksaan ini. Kami mendadak datang ke sini dan minta pihak kampus untuk menghadirkan seluruh mahasiswanya,” ungkapnya.

Apabila dalam pengujian test urine ini diketahui ada pemakai narkoba, lanjut Aris, maka pihaknya akan langsung menemui yang bersangkutan untuk dilakukan konsultasi. “Kami akan meminta kepada yang bersangkutan untuk segera direhabilitasi. Disamping itu, kami pun akan menanyakan siapa pemasok barang haram tersebut,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -