Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita BanjarRumput Liar Penuhi Akses Masuk Situ Leutik-Kota Banjar

Rumput Liar Penuhi Akses Masuk Situ Leutik-Kota Banjar

Tumbuhan rumput liar tampak memenuhi akses jalan menuju Situ Leutik. Sejumlah warga berharap pemerintah segera mengambil langkah untuk mengoptimalkan pemanfaatan Situ Leutik. Photo: Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Situ Leutik merupakan aset Pemerintah Kota Banjar, sehingga siapa pun berhak memeliharanya, namun semua itu tidak terlepas dari konsep tujuan awal perencanaan, yakni pemenuhan kebutuhan air baku, pemenuhan kebutuhan air irigasi, serta sebagai areal perikanan. Selain itu, keberadaan Situ Leutik di Desa Cibeureum, Kec/Kota Banjar berpotensi pula sebagai sarana rekreasi.

Namun sayang, saat ini kawasan di sekitar lokasi situ terlihat tidak terawat. Rumput liar tampak tumbuh subur di sepanjang jalan menuju situ. Bahkan, lokasi yang rencananya akan dijadikan fasilitas jogging track pun tak luput dipenuhi ilalang.

Solihin, salah seorang warga, saat dijumpai HR, Kamis (22/05/2014), mengatakan, rumput ilalang hampir menutupi badan jalan. “Bila tidak ada masyarakat yang memanfaatkan rumput untuk kebutuhan pakan ternak, sudah pasti akses jalan menuju situ tertutupi,” ujar Solihin.

Hal senada diungkapkan Ruhiat, warga lainnya. Menurut dia, hingga saat ini belum terlihat ada pihak terkait melakukan pembenahan di lokasi tersebut. Padahal, belum lama ini pemerintah sudah memperbaiki sejumlah kerusakan bangunan kirmir di kawasan itu.

“Sebetulnya siapa yang bertanggung jawab untuk melakukan pembabadan rumput liar itu. Padahal, kalau dikelola secara optimal keberadaan Situ Leutik akan banyak manfaatnya, terutama bagi masyarakat sekitar. Sebelumnya suka banyak orang yang main ke Situ, meskipun belum ada fasilitas apa-apa. Tapi sekarang sepi. Mudah-mudahan Pemkot Banjar segera mengambil langkah untuk mengoptimalkan pemanfaatan Situ Leutik,” harapnya. (Eva/Koran-HR)

- Advertisment -