Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita BanjarSoal UN Membingungkan, Akibat Ada Pergantian Soal Tentang Jokowi?

Soal UN Membingungkan, Akibat Ada Pergantian Soal Tentang Jokowi?

Peserta UN di SMP Negeri 1 Banjar sempat panik ketika mendapat lembar soal yang membingungkan, Senin (05/05/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sebab munculnya permasalahan pada lembar soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan sederajat yang sempat membingungkan para peserta UN, akhirnya terjawab. Permasalahan itu muncul akibat sebelumnya ada pergantian soal yang dilakukan Kemendiknas. Sehingga lembar soal yang diganti terpisah dengan lembar soal utama. Diduga adanya pergantian soal tersebut terjadi karena adanya soal mengenai Jokowi.

Dari pantauan HR di SMP Negeri 1 Banjar, Senin (05/05/2014), pelaksanaan UN hari pertama sempat tertunda selama 30 menit. Hal itu dikarenakan pengawas dan peserta UN bingung terhadap lembar soal yang terpisah dari lembar soal utama. Bahkan, ada beberapa lembar soal lainnya hilang.

Kasi SMP Dinas Pendidikan dan Olahraga Kota Banjar, Drs. Sajudin, mengatakan, keterlambatan pelaksanaan UN di hari pertama terjadi akibat pengawas bingung dan tidak memahami lembar soal yang terpisah dari lembar utama.

Sajudian menambahkan, berdasarkan informasi dari Dinas Pendidikan Provinsi, munculnya permasalahan adanya lembar soal terpisah ini akibat ada pergantian soal dari Kemendiknas.

“Memang kalau menurut informasi dari Dinas Pendidikan Provinsi adanya pergantian soal ini menyusul terdapat soal pertanyaan mengenai Jokowi. Tapi itu baru sebatas informasi saja, karena kami belum bisa membuktikan kebeneran hal itu, “ ujarnya, Senin (05/05/2014).

Setelah mendapat penjelasan dari Dinas Pendidikan Banjar, pelaksanaan UN kembali dilanjutkan meski harus molor selama 30 menit. Adanya keterlambatan itu sempat membuat peserta UN kebingungan dan panik. (Ntang/R2/HR-Online)

- Advertisment -