Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita Ciamis6.191 Linmas Siap Amankan Pelakasanaan Pilpres di Ciamis

6.191 Linmas Siap Amankan Pelakasanaan Pilpres di Ciamis

Photo : Ilustrasi Anggota Linmas

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 6.191 Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau lebih akrab dikenal Hansip (Pertahanan Sipil), siap membantu mengamankan berjalannya perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Juli tahun 2014.

Hal itu disampaikan Kabid Linmas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ciamis, Aris Rismunandar, saat ditemui HR di ruangannya, pekan lalu. Dia menuturkan, menurutnya, di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pihaknya menugaskan dua orang petugas Linmas.

Aris mengungkapkan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 6 tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, Pasal 12, menyebutkan, bahwa di setiap TPS diperbantukan petugas keamanan dari Satlinmas sebanyak dua orang.

”Menghadapi Pilpres, semua anggota Linmas dibina dan dilatih. Hal itu untuk menciptakan kondusifitas dan keamanan pada pelaksanaan Pilpres,” ujarnya.

Dalam kegiatan pembinaan, kata Aris, Linmas dituntut untuk bertugas secara profesional. Terutama dalam menjaga kondusifitas dan keamanan di masyarakat. sebab, Linmas juga merupakan kekuatan masyarakat untuk membantu pemerintah dalam memelihara keamanan, dan ketentraman masyarakat.

”Kami akui tugas Linmas memang berat. Tugas berat itu tidak sesuai dengan apa yang didapatkan. Linmas saat ini masih sukarela, belum mempunyai kesejahteraan,” tuturnya.

Namun begitu, kata Aris, bukan berarti pihaknya tidak mendorong pemerintah dalam masalah tersebut. Pihaknya mengaku telah mengusulkan kepada pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan Linmas di Desa.

”Kami berharap Linmas yang terbentuk secara sukarela, diharapkan bisa membantu ketertiban dan keamanan di tingkat lingkungan. Serta, dapat bisa membantu dalam pengamanan Pilpres yang akan digelar tanggal 9 Juli nanti,” ucapnya. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -