Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita PangandaranAGKP Minta Pemkab Pangandaran Dorong Program Organik

AGKP Minta Pemkab Pangandaran Dorong Program Organik

Pengurus Poktan Cantigi dan AGKP berpoto bersama. Photo : Madlani/ HR

Sidamulih, (harapanrakyat.com),-

Pembina Asosisasi Gula Kelapa Priangan (AGKP), H. Yos Rosbi, menyatakan, dirinya mendorong Pemerintah Kabupaten Pangandaran, dalam hal penguatan ekonomi masyarakat. Dia berharap Pemkab Pangandaran mendorong penerapan program sistem pertanian organik.

“Awalnya, saya prihatin dan terpanggil, karena negara agraris seharusnya bisa berswasembada, tetapi justru kurang mendapat perhatian,” ucapnya.

Lebih lanjut, Yos menjelaskan, saat ini AGKP mempunyai unit pembibitan pohon kelapa dan pengolahan pupuk organik, yang beralamat di blok Cantigi RT 03 RW 08, Desa Cikembulan, Kecamatan Sidamulih. Teknisnya, unit ini dikelola langsung oleh Kelompok Tani Cantigi.

“Mudah-mudahan langkah ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi subsidi pupuk di Pangandaran,” ucapnya.

Anggota AGKP, Arif Wicaksono (40), meminta perhatian dari Pemerintah Kabupaten Pangandaran, khususnya dari segi pemasaran. AGKP berharap, sektor pertanian di Pangandaran beralih ke sistem organik.

“Karena terbukti, dari percobaan tanam sayuran dan kacang-kacangan yang dilakukan Kelompok Tani Cantigi, menghasilkan panen yang bagus, sehat dan terbebas dari zat kimia,” jelas Arif. (Mad/Koran-HR)

- Advertisment -