Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BanjarBaligho Capres di Jalan Protokol Banjar Diturunkan Pol PP

Baligho Capres di Jalan Protokol Banjar Diturunkan Pol PP

Petugas Dispol PP Prov. Jabar bersama petugas dari Satpol PP Kota Banjar, sedang menertibkan salah satu baligho yang terpasang di jalur nasional. Photo: Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Panwaslu Kota Banjar menyebutkan, pihaknya sudah mengintruksikan kepada tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden yang memasang spanduk atau baligho di jalur hijau maupun di jalan-jalan protokol, agar segera mencabutnya. Karena, hal itu melanggar aturan kampanye dan mengganggu estetika kota.

Ketua Panwaslu Kota Banjar, H. Abdul Latif, mengatakan, untuk jalan protokol diantaranya Jl. Siliwangi, Jl. M Isa dan Jl. Letjen. Soewarto. Sedangkan jalur hijau meliputi Jl. Didi Kartasasmita, Jl. Kapten Jamhur, serta jalan-jalan yang terdapat pertigaan.

“Di jalur-jalur itu pada Kamis sore (19/06/2014), harus sudah bersih dari baligho maupun spanduk capres dan cawapres. Kalau sampai hari Jum’at (20/06/2014) masih juga terpasang, maka kami akan melayangkan surat teguran kedua kepada tim sukses yang bersangkutan. Kemarin baru teguran pertama, batas waktu surat teguran itu tiga hari,” terangnya, kepada HR, Kamis siang tadi (19/06/2014).

Lanjutnya, kalau sampai surat teguran ketiga tetap tidak dicabut juga, maka pihaknya akan memberikan sanksi administrasi, sesuai UU RI No.42 tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), dan PKPU No.16 tahun 2014 tentang Kampanye, serta SK Walikota Banjar No.275/kpts.98.a-Tapem/2014 tentang tempat/lokasi fasilitas umum di Kota Banjar yang dapat digunakan sebagai fasilitas kampanye PPWP tahun 2014.

“Dan yang berhak nyabut atau menurunkan alat praga tersebut ya yang masangnya, atau pihak Satpol PP, bukan Panwas,” tegas Latif.

Sementara itu, pada Kamis sorenya, Dispol PP Provinsi Jabar bersama Satpol PP Kota Banjar, melakukan penertiban atribut kampanye PPWP di jalur nasional dan provinsi yang ada di wilayah Kota Banjar. (Eva/R3/HR-Online)

- Advertisment -