Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita CiamisBerantas Narkoba, Dunia Pendidikan Masih Jadi Target BNN Ciamis

Berantas Narkoba, Dunia Pendidikan Masih Jadi Target BNN Ciamis

Foto: Ilustrasi Narkoba

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Salah satu program kerja Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis di bidang Pencegahan adalah melakukan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di lingkungan pendidikan.

Kepala Seksi Pencegahan, Deny Setiawan, S.Sos, saat dihubungi HR, Senin (26/5/2014), mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut ditujukan kepada para pelajar SLTA se-derajat dan mahasiswa. Hal itu sebagai bentuk pencegahan primer bagi mereka yang belum sama sekali mencoba narkoba.

”Kami mengadakan program sosialisasi ini dengan tujuan memiliki imunitas atau daya tangkal dari pengaruh jahat narkoba, baik menyalahgunakan maupun mengedarkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Deny menuturkan, selama tahun 2014, sebanyak tujuh  sekolah dan satu perguruan tinggi secara maraton  dikunjungi BNNK Ciamis, melalui kegiatan sosialisasi P4GN.

Diantara sekolah dan perguruan tinggi yang disentuh selama tahun 2014 yaitu,  SMAN 1 Cisaga, SMK Hepweti, SMK LPT Ciamis, SMK Ma’arif NU Cihaurbeuti, SMAN 1 Sindangkasih, SMKN 1 Rancah, SMKN 1 Kawali, dan perguruan tingginya STAI Putra Galuh Ciamis.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan sosialisasi P4GN di lingkungan pendidikan, baik siswa maupun mahasiswa bisa memiliki pengetahuan, pemahaman tentang narkoba dan permasalahannya.

Serta menumbuhkan kesadaran untuk menghindarinya. Dan yang  terpenting adalah terampil untuk menolak, baik menyalahgunakan maupun mengedarkan narkoba.

Targetan dari kegiatan sosialisasi P4GN sebetulnya lebih ke pelajar. Menurutnya, lingkungan pendidikan merupakan lingkungan produktif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga diharapkan dapat meraih masa depan yang gemilang tanpa Narkoba.

”Masyarakat pendidikan di dalamnya terdapat generasi penerus bangsa yang harus dapat mempertanggungjawabkan dirinya sendiri demi kemajuan bangsanya sendiri,” pungkasnya. (dsw/Koran-HR)

- Advertisment -