Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita BanjarBulan Ramadhan, Warnas Ditempeli Seruan Walikota Banjar

Bulan Ramadhan, Warnas Ditempeli Seruan Walikota Banjar

Kasie. Gakda Satpol PP Kota Banjar, Aep Saefudin, SH, dibantu salah seorang stafnya, tampak sedang menempelkan selebaran seruan walikota di salah satu warung nasi yang ada di Parungsari, Kecamatan Purwaharja. Photo: Eva Latifah/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1435 H, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjar, menyebarkan surat seruan dari Walikota Banjar. Selebaran seruan tersebut salah satunya ditempel di setiap rumah makan, warung nasi (warnas) dan restoran, Selasa (24/06/2014).

Kasie. Gakda Satpol PP Kota Banjar, Aep Saefudin, SH, mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Banjar, walikota menyerukan kepada segenap aparat pemerintah sipil, TNI/Polri, serta masyarakat Kota Banjar untuk senantiasa memelihara suasana ketertiban, termasuk saat bulan Ramadhan.

“Ada empat point yang tercantum dalam seruan walikota itu. Pertama, bagi umat Islam mengisi bulan suci Ramadhan dengan melaksanakan ibadah puasa, sholat tarawih, qiyamul lail, tadarus Al-Qur’an, memperbanyak dzikir, silaturahmi, infaq shodaqoh dan amal ibadah lainnya,” tutur Aep.

Selain itu, lanjutnya, menciptakan suasana aman, nyaman dan tertib, serta saling menghargai sesama warga masyarakat dan umat beragama, dengan tidak membuka rumah makan atau restoran pada siang hari selama bulan Ramadhan, dan tidak membuat atau menjual serta membakanr petasan dan sejenisnya.

Kemudian, menghindarkan diri dari perbuatan maksiat dan munkarot, seperti perjudian, menjual atau mengkonsumsi minuman keras (miras), narkoba, perbuatan asusila dan perbuatan lainnya yang bertentangan dengan syari’at agama maupun perundang-undangan.

“Untuk itu, kepada seluruh organisasi kemasyarkatan, organisasi keagamaan dan organisasi sosial lainnya dilarang melakukan sweeping terhadap rumah makan, restoran atau warung nasi yang buka pada siang hari. Apabila ditemukan hal tersebut diharapkan agar segera berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Satpol PP,” kata Aep.

Dia juga menyebutkan, bahwa dalam waktu dekat ini rencananya Satpol PP akan melakukan penertiban petasan ke sejumlah pedagang kembang api. Karena,para pedagang tersebut biasanya selain menjual kembang api, juga menyediakan petasan.

Menurut Aep, kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan Satpol PP setiap menjelang bulan Ramadhan. “Kami akan memantau peredaran petasan yang dapat mengganggu kekhusuan ibadah masyarakat,” tegasnya.(Eva/Koran-HR)

- Advertisment -