Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisBupati Ciamis: Pengembangan Wisata Budaya Tetap Pertahankan Kearifan Lokal

Bupati Ciamis: Pengembangan Wisata Budaya Tetap Pertahankan Kearifan Lokal

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, membenarkan bahwa pihaknya saat ini tengah mengkonsep program pengembangan wisata budaya. Hal itu dilakukan setelah Kabupaten Ciamis kehilangan destinasi wisata unggulan pantai Pangandaran. Namun, menurutnya, pengembangan wisata budaya yang dilakukan tetap akan mempertahankan nilai kearifan lokal.

“Seperti konsep pengembangan objek wisata Situ Panjalu, kita tidak akan merubah tempat itu menjadi tempat rekreasi, meski di sana ada danau yang layak dikembangkan. Kita tetap akan mengkonsep Situ Panjalu sebagai tempat wisata religi, sebagaimana yang sudah berjalan saat ini, “ ujarnya, kepada HR, Selasa (17/06/2014).

Iing mengaku sudah ada investor yang tertarik untuk mengembangkan Situ Panjalu sebagai tempat rekreasi. Investor tersebut berminat mengembangkan danau Situ Panjalu layaknya Objek Wisata Sampireun di Garut. “Namun kami tolak. Karena kami tidak mau merubah nilai budaya yang sudah berkembang di sana. Situ Panjalu tetap sebagai tempat wisata religi,” tegasnya.

Namun demikian, lanjut Iing, pengembangan yang dilakukan di objek wisata budaya, yakni akan melakukan pembenahan infrastruktur, penyediaan fasilitas di kawasan objek wisata dan melakukan pendekatan kepada masyarakat sekitar agar mereka menjadi ‘sadar wisata’. “ Yang sangat dibutuhkan adalah mind set masyarakat sekitar yang siap menjadi tuan rumah yang baik untuk wisatawan. Kita secara bertahap akan membina masyarakat sekitar agar siap menjadi masyarakat ‘sadar wisata’,” ungkapnya.

Iing mengungkapkan, pihaknya sudah mendapat tawaran dari Dirjen Kementarian Parawisata untuk bersama-sama mengembangkan objek wisata Situ Panjalu dan objek wisata Astana Gede Kawali.

“Dalam pengembangan objek wisata budaya ini, kita tidak berpikir dulu terhadap peningkatan PAD. Tetapi, berpikir terhadap peningkatan kehidupan ekonomi masyarakat sekitar, setelah tercipta keramaian di objek wisata tersebut. Karena apabila sudah tercipta keramaian, maka PAD pun akan tercipta dengan sendirinya,” terangnya. (Bgj/Koran-HR)

Berita Terkait

Pemkab Ciamis Fokuskan Pengembangan Wisata Budaya

Pengembangan Wisata, Budayawan Ciamis Buat Konsep Kampung Budaya

Pemkab Ciamis Tengah Rancang Konsep Kampung Budaya

- Advertisment -