Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariDi Banjarsari Ciamis, Al Qur`an Mini Berusia 101 Tahun Masih Terawat

Di Banjarsari Ciamis, Al Qur`an Mini Berusia 101 Tahun Masih Terawat

Al Qur`an mini yang diyakini sudah berusia 101 tahun. Photo : Andri Hamara/ HR

Banjarsari, (harapanrakyat.com),-

Seorang warga Dusun Banjarsari, RT 08 RW 03, Desa Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, memiliki Al Qur`an berukuran mini. Tebal ½ cm, panjang 1 ½ cm, dan lebar 1 cm. Bahkan, Al Qur`an ini diyakini sudah berusia 101 tahun.

H. Muhammad Sholeh (75), warga Banjarsari, ketika ditemui HR, di kediamannya, Senin (16/6/2014), mengaku, menemukan Al Qur`an tersebut pada tahun 1964. Al Qur`an itu ditemukan saat melakukan renovasi rumah miliknya 50 tahun silam.

Sholeh menuturkan, Al Qur`an itu berada di reruntuhan bangunan rumah yang dibongkar. Awalnya, dia kaget saat menemukan sebuah kotak. Ketika dibuka, terdapat Al Qur`an di dalamnya.

Kepada pemilik rumah sebelumnya, Sholeh menanyakan kepemilikan Al Qur`an tersebut. Namun, sang pemilik rumah sebelumnya itu mengaku tidak mengetahui Al Qur`an itu milik siapa.

Saat ini, kata Sholeh, Al Qur`an mini tersebut dia rawat dan sering dia gunakan untuk membaca ayat-ayat yang terdapat di dalamnya. Menurut dia, dalam kota tempat Al Qur`an itu tersimpan, tertera tanggal 3, bulan 2 dan tahun 19 13. Dari itu, dia juga meyakini Al Qur`an itu sudah berusia 101 tahun.

“Al Qur`an mini itu berwarna merah. Lembaran mushaf tersebut juga masih komplit,” ucapnya.

Erni (42), putri Sholeh, membenarkan, bahwa Al Qur`an itu bukan milik ayahnya. Menurut dia, Al Qur`an itu ditemukan saat rumah yang ditempati ayahnya itu tengah direnovasi. Saat ini, Al Qur`an itu kondisinya masih baik. (Andri/Koran-HR)

- Advertisment -