Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita BanjarDuh!, Peternak Puyuh di Banjar Butuh Modal

Duh!, Peternak Puyuh di Banjar Butuh Modal

Ratim (40), tampak sedang memberi pakan burung puyuh petelur peliharaannya. Dia berharap pemerintah memberikan modal untuk mengembangkan usahanya tersebut.Foto:Hermanto HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Ratim (40), seorang peternak burung puyuh di Dusun Cigadung. RT.11, RW.04, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, berhasil mengembangbiakan sekitar 5.000 ekor puyuh petelur, dan mampu menghasilan telur sebanyak 5 kilogram per hari.

Usaha ternak puyuh petelur diakui Ratim sudah dijalaninya sejak tiga tahun silam. Hanya dengan bermodalkan tiga ekor puyuh, kini usahanya tersebut telah banyak mengalami kemajuan. Telur puyuh dijual ke pedagang di Pasar Banjar dengan harga Rp.25 ribu per kilogram.

Ada yang unik dengan kebiasaan Ratim. Pasalnya, setiap satu tahun sekali dirinya suka melepaskan ratusan burung puyuh peliharaannya ke alam bebas. Tidak hanya itu, dia pun membagikan puyuhnya kepada saudara-saudaranya, tetangga, bahkan kepada orang lain, sekalipun tidak dikenalnya.

“Setiap setahun sekali sudah menjadi rutinitas saya untuk melepaskan burung puyuh ke alam bebas, dan saya pun membagikan ke saudara maupun tetangga, dengan maksud untuk memperluas jaringan peternak puyuh petelur,” kata Ratim, ketika ditemui HR, Selasa (10/06/2014).

Dalam upaya pengembangan usaha tersebut, Ratim juga mengakui kalau dirinya terkendala modal. Menurutnya, meski sudah beberapakali mengajukan bantuan modal kepada pemerintah, namun hingga saat ini belum ada realisasinya.

Padahal, usaha puyuh petelor sangat menjanjikan. Hal itu terbukti dengan meningkatnya permintaan dari para pedagang di Pasar Banjar. Jika dirinya mendapatkan bantuan modal, Ratim berniat akan membuka lapangan kerja bagi para penganggur di lingkungannya.

Pria yang juga memiliki keahlian memperbaiki barang elektronik ini pun berharap kepada pemerintah supaya mau memberikan bantuan modal untuk mengembangkan usahanya. Sehingga, perekonomian warga di Dusun Cigadung bisa lebih ditingkatkan dengan direkrutnya sejumlah peternak puyuh petelur. (Hermanto/Koran HR)

- Advertisment -