Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita BanjarFestival Kuliner Makanan Khas Banjar Akan Digelar di Taman Kota

Festival Kuliner Makanan Khas Banjar Akan Digelar di Taman Kota

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com)  

Menjelang bulan Ramadhan tahun 2014 ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Banjar, bekerjasama dengan Dekranasda Kota Banjar, akan menggelar festival kuliner bertajuk makanan khas lokal.

Kepala Disperindagkop Kota Banjar, Soni Horison, saat ditemui HR di ruang kerjanya, Senin (09/06/2014), mengatakan, gelaran ini bertujuan untuk mengajak masyarakat mengenal dan mencintai kuliner, khususnya makanan khas Kota Banjar.

Selain itu, melalui ajang tersebut diharapkan pula bisa menjadi wadah sosialisasi dan publikasi bagi para pelaku industri kuliner khas Kota Banjar.

“Melalui event itu juga diharapkan bisa tergali potensi Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam, dimana dapat mengetahui adanya kemampuan dari warga dalam membuat makanan olahan dengan memanfaatkan sumber alam yang tersedia di Kota Banjar, seperti buah-buahan, umbi-umbian, sayur-sayuran. Sehingga nanti akan muncul kuliner khas Kota Banjar,” harapnya.

Menurut Soni, pelaksanaan festival kuliner diperkirakan akan digelar tanggal 28 Juni, atau satu hari sebelum memasuki bulan puasa. Sedangkan untuk lokasi yang akan digunakan yaitu Taman Kota (Tamkot) Lapang Bhakti.

Menurutnya, festival kuliner harus diikuti oleh seluruh desa/kelurahan se-Kota Banjar. Dengan demikian, maka setiap daerah mampu memasarkan makanan khasnya. Sebab, biasanya pelaku makanan olahan terkendala dengan keterbatasan pemasaran hasil produksinya. “Paling tidak, dengan kegiatan itu nanti, hasil makanan olahannya mampu dipasarkan di skala lokal atau di wilayah Banjar.

Target kedepan yang dicita-citakan Disperindagkop Kota Banjar, bahwa kegiatan festival kuliner akan menjadi agenda rutin tahunan. Dalam pelaksanaannya kedepan, pihaknya juga akan bekerjasama dengan Smesco, yaitu sebuah wadah pemasaran produk UKM dari berbagai daerah. Smesco sendiri di bawah naungan Kementerian UKM RI.

“Mengenai teknis rencana dan kegiatan penunjang lainnya akan dikoordinasikan dan dirapatkan bersama Dekranasda,” pungkasnya.(Nanang Supendi/Koran HR)

- Advertisment -