Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisGawat! Di Pasar dan Swalayan Ciamis Ditemukan Makanan Berformalin

Gawat! Di Pasar dan Swalayan Ciamis Ditemukan Makanan Berformalin

Baso yang diduga mengandung formalin (zat berbahaya) ditemukan di salah satu kios di Pasar Manis Ciamis, Jum’at (27/06/2014). Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Petugas tim gabungan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kabupaten Ciamis, melakukan sidak ke sejumlah pedagang makanan di pasar tradisional dan swalayan di wilayah Ciamis kota, Jum’at (27/06/2014). Sidak itu dilakukan guna memeriksa kelayakan makanan yang diperdagangkan tersebut.

Saat melakukan sidak, petugas berhasil menemukan baso dan udang yang diduga mengandung formalin (zat berbahaya) di salah satu kios di Pasar Manis Ciamis. Namun, petugas hanya memberikan himbauan saja kepada pedagang tersebut dan tidak lantas melakukan penyitaan.

Kabid Perdagangan Dinas Perindagkop Kabupaten Ciamis, H. Idang Dahlan, mengatakan, meski pihaknya tidak melakukan penyitaan terhadap makanan yang mengandung zat berbahaya itu, namun sudah melakukan teguran agar si pedagang menarik makanan tersebut dan tidak diperjualbelikan.

“Nanti kami akan mengecek kembali apakah si pedagang itu menarik dagangannya atau tidak. Kalau membandel, kami akan merekomendasikan ke pihak terkait agar menindak pedagang tersebut,” ungkapnya.

Selain baso, petugas pun menemukan udang yang mengandung formalin di salah satu swalayan di Ciamis. Lagi-lagi petugas tidak melakukan penyitaan, hanya memberikan teguran saja. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -