Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita BanjarJembatan Balokang Banjar –Karangkamulyan Ciamis Segera Dibangun

Jembatan Balokang Banjar –Karangkamulyan Ciamis Segera Dibangun

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Wacana pembangunan jembatan di wilayah Dusun Karangpucung, Desa Balokang, Kota Banjar, yang menghubungkan dengan Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, sudah masuk di Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi Jawa Barat.

Hal itu dikatakan Kasie. Jalan dan Jembatan Dinas PU Kota Banjar, Indah, saat ditemui HR di ruang kerjanya, Senin (23/06/2014). Jembatan penghubung tersebut nantinya menjadi jalur alternatif untuk mengurai kemacetan arus lalu-lintas di jalur Selatan.

“Jembatan itu nantinya sebagai jalur alternatif lingkar Selatan. Tapi masih perlu dikaji untuk rutenya. Memang kajian-kajiannya sudah dilakukan, namun belum dapat yang pas. Karena selain rute, kita juga harus mengkaji dari segi nilai ekonomisnya serta pembebasan lahan,” kata Indah.

Lebih lanjut dia mengatakan, kalau untuk ketersediaan jalan Banjar lingkar Selatan sudah dipersiapkan. Dimana perbaikan maupun pelebaran jalan yang telah dilakukan selama ini merupakan salah satu persiapan untuk membuka akses jalur lingkar Selatan.

Selain bertujuan mengurai kemacetan, wacana pembangunan jembatan penghubung di wilayah tersebut juga untuk mengantisipasi terjadinya longsor di daerah Cipadung, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar.

“Wacana ini sudah kita bicarakan dengan Pemkab Ciamis, karena jembatan itu merupakan lintas perbatasan antara dua daerah. Nanti untuk biayanya bisa dibantu juga dari provinsi. Tapi wacana tersebut belum bisa ditentukan kapan terealisasinya, sebab itu kan jangka panjang dimana RPJP itu sampai tahun 2029,” ujarnya.

Indah juga mengatakan, sekarang ini ada tiga target yang menjadi agenda Dinas Pekerjaan Umum Kota Banjar, yakni pembangunan jembatan Cijolang 2, rencana pembangunan jembatan Pananjung, dan jembatan Karangpucung.

“Perencanaannya sudah siap, cuma konsep tujuannya harus jelas dulu, apakah jembatan tersebut untuk memperpendek jarak tujuan atau apa. Kemudian dari segi ekonomisnya bagi penduduk sekitar juga harus difikirkan. Itu yang sampai saat ini masih kita dibahas,” kata Indah.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat ini, pekerjaan yang akan dilakukan pihaknya yaitu pembangunan jembatan gantung di wilayah Patrol, Sogati, Desa Balokang, Kecamatan Banjar. Jembatan gantung ini sebagai jalan penghubung ke wilayah Kabupaten Ciamis.

Indah menyebutkan, biaya untuk pembangunan jembatan ditanggung oleh Pemkot Banjar, sedangkan Pemkab Ciamis hanya mendanai untuk perbaikan jalan terusan dari jembatan yang masuk wilayah Ciamis. (Eva/Koran-HR)  

- Advertisment -