Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariMemasuki Puasa, Harga Daging dan Ikan di Ciamis Mengalami Lonjakan

Memasuki Puasa, Harga Daging dan Ikan di Ciamis Mengalami Lonjakan

Pedagang daging sapi di di Pasar Tradisional Banjarsari Kabupaten Ciamis, saat sibuk melayani pembeli memasuki hari pertama puasa, Sabtu (28/06/2014). Foto: Andri/HR

Banjarsari, (harapanrakyat.com),-

Memasuki bulan Ramadhan (puasa), harga daging ayam, daging sapi dan ikan segar yang di jual di pasar tradisional mengalami lonjakan harga. Seperti di Pasar Tradisional Banjarsari Kabupaten Ciamis, hampir seluruh lauk pauk termasuk sayuran mengalami lonjakan harga.

Namun demikian, adanya lonjakan harga ini tidak sampai menyurutkan pembeli. Bahkan, dari pantauan HR, di Pasar Tradisional Banjarsari Sabtu (28/06/2014), jumlah pembeli mengalami peningkatan saat memasuki hari pertama puasa.

Ika  (40), pedagang daging ayam di Pasar Banjarsari, mengatakan, meski harga daging ayam mengalami lonjakan harga, namun tidak mempengaruhi omzet penjualannya. Menurut dia, kebanyakan pembeli tidak mempersoalkan kenaikan harga, karena mereka membutuhkan daging ayam untuk keperluan sahur dan buka puasa.

“Setiap mamasuki bulan puasa, pasti terjadi lonjakan harga, baik daging ayam maupun lauk pauk dan juga sayuran. Tetapi, karena permintaan pasar tinggi, jadi adanya kenaikan tidak mempengaruhi penjualan, “ katanya, kepada HR, Sabtu (28/06/2014).

Yuyun  30 tahuin warga banjarsari mengaku walau harga ikan dan daging naik namun dirinya terpaksa membeli karena kebutuhan untuk persiapan syukuran munggahan yang sudah menjadi tradisi ini

Dari hasil penelusuran di Pasar Banjarsari, harga ikan mas yang sebelumnya dijual Rp. 25 ribu/ kg kini melonjak menjadi Rp. 28 ribu/kg. Sementara untuk daging ayam dari harga Rp. 30 ribu/kg kini melonjak menjadi Rp. 35 ribu/kg. Begitu juga daging sapi yang semula hanya Rp. 94 ribu kini melonjak menjadi Rp. 98 ribu/kg. (Andri/R2/HR-Online)

- Advertisment -