Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisPantau Pos Kamling, Polda Jabar Turun ke Baregbeg Ciamis

Pantau Pos Kamling, Polda Jabar Turun ke Baregbeg Ciamis

Warga dan Satpolres Ciamis menggelar simulasi, diantaranya menolong ibu yang akan melahirkan, memadamkan kebakaran, dan mengamankan pencuri yang tertangkap warga, Rabu (18/06/2014). Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tahun ini, pos kamling “Cataroma“ di Dusun Cicariang Girang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, menjadi salah satu perwakilan dari Kabupaten Ciamis dalam penilaian Pos Kamling yang diadakan Polda Jabar.

Saat tim dari Polda Jabar melakukan penilaian, warga setempat dan Satpolres Ciamis menggelar simulasi, diantaranya menolong ibu yang akan melahirkan, memadamkan kebakaran, dan simulasi mengamankan pencuri yang tertangkap warga.

Kepala Desa Sukamulya, Nanang, saat ditemui HR, Rabu (18/06/2014), mengatakan, tahun sebelumnya Desa Sukamulya juga meraih juara pertama Pos Kamling tingkat Jabar.

”Mudah-mudahan saja tahun ini pun bisa menjadi juara lagi. Dibangunnya kembali pos kamling, termasuk jadwal penjaganya, hal itu merupakan motivasi tersendiri di daerah kami dalam menjaga keamanan, dan tidak ada kejadian kriminalitas,” ujarnya.

Menurut Nanang, daerah Sukamulya termasuk daerah rawan. Tapi setiap pencuri yang kabur ke daerahnya selalu tertangkap.

Sementara itu, Kasubdit. Bibpolmas Polda Jabar, Drs. Totok Dewanto, S.H., mengatakan, penilaian ini dalam rangka HUT Bhayangkara ke-68 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2014.

Dia menyebutkan, dalam pendataan, sedikitnya ada 5.000 pos kamling yang tersebar di Jabar. Namun, yang masih  aktif hanya sekitar 2500 saja.

Padahal, tugas dari siskamling sendiri yaitu untuk membuat semua waspada terhadap kejahatan, mendorong masyarakat lebih waspada dengan kehadiran orang tidak dikenal yang mencurigakan, dan saling mengawasi keamanan rumah tetangga melalui patroli desa.

”Kami ingin membentuk masyarakat menjadi sebagai polisi dalam dirinya sendiri. Selain itu, kami juga berharap kondusifitas dan saling tolong menolong harus tertanam, khususnya bagi masyarakat Desa Sukamulya,” kata Totok. (DSW/R3/HR-Online)

- Advertisment -