Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita CiamisTaman Lokasana Ciamis Terkesan Dibiarkan ‘Sareukseuk’

Taman Lokasana Ciamis Terkesan Dibiarkan ‘Sareukseuk’

Sejumlah paping blok yang ada di Taman Lokasana dibiarkan rusak. Photo : Eli Suherli/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah paping blok yang berada di kawasan Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami kerusakan. Bukan hanya itu, rerumputan nampak tumbuh secara liar di sela sudut-sudut kawasan tersebut.

Kondisi itu membuat Taman Lokasana terkesan dibiarkan sareukseuk. Padahal, periode pembangunan Taman Lokasana tersebut masih belum genap satu tahun. Sayangnya, taman tersebut memberikan kesan kurang terawat.

Ali (28), warga Ciamis, belum ketika ditemui HR saat berolah raga, belum lama ini, mengatakan, keberadaan Taman Lokasana sebagai fasilitas untuk berolahraga memang cukup baik.

Namun, Ali menyayangkan, banyak fasilitas taman yang kurang mendapat perawatan, sehingga taman ini kembali mengalami kerusakan. “Bila dirawat dengan baik, paping blok yang dipasang di taman tidak cepat rusak,” katanya.

Dani, mahasiswa Universitas Galuh (Unigal), mengaku hampir setiap sore dia berolahraga di Taman Lokasana. Sejumlah kerusakan fasilitas yang saat ini terjadi, membuat keindahan taman tersebut terlihat kurang sedap.

“Selain banyak tembok yang rusak, lapang terlihat kurang indah lagi karena banyak ditumbuhi rumput liar,” katanya.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan, Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Ciamis, Mardiana, menyatakan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk merawat Taman Lokasana.

“Kalau untuk wilayah luar, yang berada di pinggir taman, memang itu menjadi tanggung jawab kami (DCKKTR). Sedangkan bagian dalam taman bukan bagian kami. Soal itu langsung ke Dinas Pariwisata sebagai pemiliki lahan,” jelasnya.

Penataan taman di bagian luar Taman Lokasana, kata Mardiana, hampir setiap minggu selalu dilakukan pembersihan, termasuk memangkas rerumputan liar. (es/Koran-HR)

- Advertisment -