Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita BanjarWaduh! Pendekar Ibing Pencak di Banjar, Pecahkan Genting dengan Kepala

Waduh! Pendekar Ibing Pencak di Banjar, Pecahkan Genting dengan Kepala

Foto Ilustrasi Pencak Silat

Banjar (harapanrakyat.com),-

10 perguruan pencak silat di Kota Banjar, mengikuti ajang silaturahmi antar paguron yang digelar IPSI Kota Banjar, di salah satu sekolah di Lingkungan Langkaplancar, Kelurahan Bojongkantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Minggu (15/06/2014).

Selain untuk mempererat tali silaturahmi, acara ini juga bertujuan supaya generasi muda mencintai budaya tradisional, khususnya pencak silat. Para jawara muda ini tampak bersemangat melakukan gerakan-gerakan ibing pencak.

Perguruan pencak silat yang hadir dalam acara ini adalah gilang kencana, anggrek putih, tapak suci, tajimalela dan perguruan-perguruan silat lainnya.

Yang membuat decak kagum penonton, yaitu pada saat para pendekar ini melakukan atraksi, seperti yang dilakukan perguruan tapak suci. Mereka melakukan atraksi dengan memecahkan tumpukan genting ke kepala. Tidak hanya itu, mereka pun melakukan gebuk tonggong dengan menggunakan sebatang bambu yang dilakukan seniornya.

Wakil Ketua IPSI Kota Banjar, Putut Cahyo, mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi perguruan yang merupakan program IPSI yang diadakan setiap sebulan sekali. Kegiatan ini juga untuk pembinaan anak muda kearah yang positif.

Cahyo pun berharap kedepannya para generasi muda bisa lebih mencintai seni tradisional, khusunya seni ibing pencak. (Hermanto/R2/HR-Online)

- Advertisment -