Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita Banjar500 Juta Dana KUBe di Banjar Siap Disalurkan

500 Juta Dana KUBe di Banjar Siap Disalurkan

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com)

Kelompok Usaha Bersama (KUBe) penerima bantuan harus mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) guna meningkatkan kesejahteraannya, serta diberikan pemahaman secara luas sehingga bantuan tepat sasaran.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjar, Hani Supartini, Aks., M.Si., didampingi Kasi. Bantuan dan Perlindungan Sosial, Rahmat, saat ditemui HR, Senin (30/06/2014), terkait rencana pemerintah yang akan memberikan bantuan terhadap 25 Kube pada tahun anggaran 2014.

“Ada dua puluh lima KUBe yang akan menerima bantuan. Namun, terlebih dahulu perlu diberikan bimbingan teknis sehingga ke depan bantuan yang diberikan dapat dikembangkan dengan baik,” kata Hani.

Untuk itu, rencananya pada hari Rabu 2 Juli 2014 (hari ini.red), pihaknya akan memfasilitasi kegiatan bimtek bagi penerima bantuan KUBe sebagai program penanggulangan kemiskinan perkotaan tahun 2014.

Sedangkan, agenda bimtek tersebut diselenggarakan oleh Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, dalam rangka pengurangan tingkat kemiskinan di Indonesia, sesuai dengan program Kemensos RI.

Kasi. Bantuan dan Perlindungan Sosial, Rahmat, menambahkan, bahwa bantuan didekonstrasikan Dinsos Jabar ke Kota Banjar sebagai salah satu kota yang memperoleh bantuan KUBe tahun 2014.

Sementara untuk pelaksanaan bimteknya sendiri akan dilakukan di tiga tempat, yaitu untuk kelompok penerima Kube Kec. Langensari bertempat di Desa Waringinsari, Kec. Pataruman di Desa Sinartanjung, Kube Kec. Purwaharja bertempat di Kelurahan Karang Panimbal.

Menurut Rahmat, 25 KUBe penerima bantuan program kemiskinan perkotaan itu tersebar di enam desa, tiga kecamatan, diantaranya untuk Kec. Langensari meliputi 5 KUBe di Desa Waringinsari dan 4 KUBe di Desa Kujangsari.

Untuk di wilayah Kec. Pataruman yaitu ada 4 KUBe di Desa Sinartanjung dan 4 KUBe di Desa Batulawang, serta di wilayah Kec. Purwaharja meliputi 4 KUBe di Kel. Karang Panimbal dan 4 KUBe di Desa Raharja.

“Setiap KUBe akan memperoleh bantuan 20 juta rupiah, dimana tiap kelompoknya berjumlah 10 orang. Sehingga, total dana bantuan tersebut mencapai 500 juta rupiah. Dana bantuan disalurkan melalui rekening bank masing-masing kelompok. Adapun total kepala keluarga penerima yang tergolong RTSM mencapai 250 KK KUBe.

Rahmat mengatakan, pihaknya akan melakukan pengawasan sekaligus pendampingan, mulai dari penyaluran hingga pelaksanaan program, yakni melalui para petugas pendamping sosial yang ada. (Nanang S/Koran-HR)

- Advertisment -