Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita BanjarBAZ Kota Banjar Distribusikan Zakat Periode 11

BAZ Kota Banjar Distribusikan Zakat Periode 11

Foto: Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Badan Amal Zakat (BAZ) Kota Banjar, telah mendistribusikan zakat Asnap fakir miskin konsumtif periode ke-11, terhitung dari Januari-Juni 2014 dengan jumlah total sebesar Rp.246.840.000 untuk 2.244 orang. Pendistribusian zakat tersebut mulai dilaksanakan dari tanggal 7-14 Juli 2014.

Ketua BAZ Kota Banjar, H. Lili Hasanuddin, Drs., SH., MM.Pd., mengatakan, pendistribusian zakat dilakukan melalui beberapa bentuk, diantaranya zakat konsumtif, fakir miskin dan duafa.

“Pemberiannya dilakukan secara mobile oleh Walikota Banjar, didampingi Kabag Kesos dan petugas dari BAZ Kota Banjar. Pendistribusiannya ada yang berbentuk bedah rumah sebanyak 10 unit sebesar 50 juta rupiah, dan ada zakat yang diberikan untuk sabilillah,” kata Lili, kepada HR, Rabu (09/07/2014).

Lebih lanjut Lili menyebutkan, bahwa rencana yang disepakati dalam rapat Dewan Pertimbangan meliputi, Rp.14 juta diperuntukkan kepada kyai pesantren, Rp.91.200.000 untuk 304 imam mesjid.

Kemudian, untuk ormas Islam sebesar Rp.75 juta, dan Rp.50 juta diberikan kepada ibnusabil, diantaranya subsidi pentas PAI tingkat TK, SD, SMP dan SMA/SMK se-Kota Banjar, mualaf Rp.54.050.000, dan untuk ghorim sebesar Rp.38 juta yang diperuntukkan bagi pembangunan/rehab mesjid, madrasah serta pondok pesantren.

Menurut Lili, 99 persen uang yang tertampung di BAZ Kota Banjar diperoleh dari zakat profesi PNS di Kota Banjar. Dengan demikian, perolehan zakat profesi mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, sekarang sudah jauh lebih baik. Walaupun sedikit tapi selalu ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Kami juga menghimbau kepada seluruh aghnia yang ada di wilayah Kota Banjar agar menyalurkan zakatnya ke BAZ Kota Banjar di Jalan Mesjid Agung,” pungkas Lili. (Abdulloh Mucklis/Koran-HR)

- Advertisment -