Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita PangandaranBencana Longsor Mengancam Warga Cijulang Pangandaran

Bencana Longsor Mengancam Warga Cijulang Pangandaran

Salah satu lokasi tanah milik warga Cijulang yang amblas. Photo : Asep Kartiwa/ HR

Cijulang, (harapanrakyat.com),-

Hujan yang terus mengguyur selama beberapa hari di Kabupaten Pangandaran tidak hanya menyebabkan banjir di sejumlah tempat, tapi juga menyebabkan longsor di beberapa titik. Di Dusun Cibunian, Desa Margacinta, Cijulang, terjadi longsor di dua lokasi, yakni di Blok Karangbenda, RT 04 RW 09, dan di Blok Karanggempet, RT 03 RW 09.

Kasli (53), warga setempat, mengungkapkan, sedikitnya lima rumah warga di Dusun Cibunian terancam longsor. Rumah tersebut adalah milik Ana Nasudin, Sunarya, Kasli, Acah dan Nana.

Menurut Kasli, longsor tersebut terjadi diketahui sekitar pukul tujuh pagi, Senin (13/7/2014). Tanah yang amblas mencapai 1,5 sampai 2 meter. Sementara rumah milik Nasudin tertimpa pohon Duren hingga mengakibatkan rumah tersebut mengalami rusak parah.

“Sejak kemarin warga tidak berani menempati rumahnya. Mereka khawatir terjadi longsor susulan jika hujan kembali turun,” timpal Midih (65), korban longsor. Bahkan, tanah miliknya seluas 150 bata pun amblas mencapai sekitar 1,5 meter.

Di Blok Karanggempet RT 03 RW 09, Dusun Cibunian, Desa Margacinta, juga terjadi longsor. Hasil pantauan HR di lokasi kejadian, tanah yang amblas ditaksir sekitar 400 meter. Satu bangunan lumbung padi terjungkal, serta banyak pepohonan amblas ke dalam tanah. Di lokasi itu, rumah milik Maryono juga terancam.

Kepala Desa Margacinta, H. Edi Suryadi, Selasa (14/7/2014), ketika dihubungi HR melalui telepon selulernya, mengaku, pihaknya sudah melaporkan bencana tersebut ke pihak terkait. Pihaknya pun menghimbau agar warga tidak menempati rumah di berada titik lokasi rawan longsor. (Askar/R4/HR-Online)

- Advertisment -