Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisDi Ciamis, Panitia TPS Bagi-bagi Hadiah kepada Pemilih

Di Ciamis, Panitia TPS Bagi-bagi Hadiah kepada Pemilih

Salah seorang pemilih sedang mengambil kupon undian yang diberikan panitia pemungutan suara di TPS 27, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, (09/07/2014). Foto: Eli Suherli/HR

Ciamis,(harapanrakyat.com),-

Untuk meningkatkan animo dan memeriahkan pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, ada saja kreatifitas unik yang dilakukan oleh warga agar moment tersebut tampak berbeda. Seperti di TPS 27, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, menyediakan doorprize hadiah untuk masyarakat yang sudah melakukan hak pilihnya, Rabu (09/07/2014).

Alhasil, ide gemilang itu tampaknya berhasil. Warga yang sudah melakukan hak pilihnya tidak langsung bergegas pulang ke rumah. Tetapi, mereka tampak berkerumun di lokasi TPS untuk menyaksikan siapa pemenang yang mendapat hadiah doorprize tersebut. Suasana TPS yang bertempat di Aula kantor UPTD Pendidikan Ciamis pun tampak riuh dan meriah.

Ketua KPPS TPS 27, Agus Yani, menjelaskan, pemberian doorprize kepada warga, sebagai tanda terimakasih setelah mereka meluangkan waktu untuk memberikan hak suaranya pada Pilpres kali ini.

“Adanya pemberian hadiah doorpres kepada pemilih, bertujuan ingin menciptakan suasana lain di TPS. Selain itu, hal itu pun agar masyarakat yang datang tidak merasa jenuh dengan kondisi TPS,” ungkapnya, di sela-sela pencoblosan.

Adapaun sumber dana untuk membeli hadiah, kata Agus, merupakan hasil patungan warga yang ingin berpartisipasi dalam memeriahkan hajat demokrasi lima tahunan ini. “Setelah melakukan pencoblosan, pemilih langsung mengambil undian yang didalamnya sudah tertera nomor dan tulisan anda beruntung dan tidak beruntung,” terangnya.

Agus menegaskan, adanya pemberian hadiah tersebut, bukan sebagai alat iming-iming agar warga mudah diarahkan memberikan dukungan kepada Capres tertentu. Namun, hadiah itu dimaksudkan agar warga lebih antusias datang ke TPS. “ Jadi, doorprize ini bukan sebuah agenda politik tertentu, ini murni untuk memeriahkan saja, “ imbuhnya.

Di TPS 27, lanjut Agus, total hak pilih sebanyak 374 orang. Namun warga yang hadir ke TPS berjumlah 309 orang. “ Warga yang tidak hadir ke TPS, mereka yang tengah merantau ke luar kota dan tidak pulang ke Ciamis,” katanya. (es/R2/HR-Online)

- Advertisment -