Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita CiamisDi Ciamis, Peredaran Buku Ramadhan di Sekolah Mengundang Polemik

Di Ciamis, Peredaran Buku Ramadhan di Sekolah Mengundang Polemik

Seorang siswa SD di Kabupaten Ciamis saat menunjukan buku Kegiatan Ramadhan yang kini menjadi polemik di orang tua siswa. Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Peredaran buku Kegiatan Ramadhan di sejumlah sekolah dasar (SD) di Kabupaten Ciamis ternyata mengundang polemik. Diduga ada upaya pengkondisian dengan cara jual paksa atau istilah ‘jual dedet’ yang dilakukan oleh oknum pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ciamis. Hal itu membuat sekolah tampak kebingungan.

Akibatnya, tidak sedikit sekolah harus membayar buku tersebut dengan menggunakan uang BOS (Bantuan Opersional Sekolah). Pihak sekolah terkesan tidak berani menjual kepada anak didik, karena dikhawatirkan mendapat protes dari orang tua murid. Namun, ada juga pihak sekolah yang menjual buku tersebut kepada anak didik dengan harga Rp. 4.000,- per buku.

Adanya perbedaan kebijakan antar sekolah, malah membuat bumerang. Seperti yang terjadi di dua sekolah yang saling berdekatan, yakni SDN 1 Pawindan dan SDN 2 Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Dua sekolah yang bangunannya saling berhadap-hadapan ini memberlakukan kebijakan yang berbeda.

SDN 1 Pawindan menggratiskan buku tersebut dan membayarnya dengan anggaran BOS. Sementara SDN 2 Pawindan menjual buku tersebut kepada anak didik dengan harga Rp. 4000,- per buku.

Ade Rusli (42), orang tua murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Pawindan, Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis, mempertanyakan kebijakan berbeda tersebut. Menurutnya, dari informasi yang diperoleh, buku ramadhan di sekolah lain tidak harus dibeli. Tetapi, di sekolah anaknya, buku tersebut harus dibeli. Padahal, jarak sekolah anaknya dengan yang lain bersebelahan.

“Kata anak saya buku ini dibeli seharga Rp. 4000. Namun yang saya pertanyakan kenapa di sekolah lain gratis,” ucapnya, Senin (07/07/2014).

Sementara itu, Emi (50) orang tua siswa yang anaknya bersekolah di SD Negeri 1 Pawindan Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis ,mengaku buku ramadhan yang dimiliki anaknya gratis dibagi oleh sekolah.

“Buku ini gratis, anak saya tidak usah membeli. Tapi coba tanyakan ke yang lain barangkali memang harus dibeli. Tapi anak saya bilang, buku ini gratis,” katanya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -