Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisDinkes Ciamis Siapkan Tenaga Medis dan Ambulan untuk Arus Mudik

Dinkes Ciamis Siapkan Tenaga Medis dan Ambulan untuk Arus Mudik

Asisten Daerah (ASDA) II Pemkab Ciamis, H. Soekiman, saat meninjau kesiapan ambulan yang akan disiagakan untuk membantu pelayanan kesehatan saat arus mudk lebaran. Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis akan menerjunkan sejumlah tenaga medis dan puluhan mobil ambulan untuk ditempatkan di beberapa titik jalan yang dilalui kendaraan arus mudik lebaran. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk layanan sosial kesehatan guna membantu pemudik saat melintas di sepanjang jalan protokal Ciamis.

Asisten Daerah (ASDA) II Pemkab Ciamis, H. Soekiman didampingi Kepala Dinas Kesehatan Ciamis, dr. Dendi, mengatakan, untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah tenaga medis dan ambulan untuk diperbantukan memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik.

“Kita sudah siapkan tenaga medis, obat-obatan dan peralatan medis untuk membantu lancarnya arus mudik. Pelayanan ini akan diberikan secara cuma-cuma alias gratis kepada setiap pemudik yang membutuhkan pertolongan kesehatan,” katanya, kepada HR, Kamis (17/07/2014).

Sementara itu, sebagai bentuk kesiapan melakukan layanan kesehatan arus mudik, Kamis (17/07/2014), sejumlah mobil ambulan milik Dinas Kesehatan melakukan konvoi keliling Kota Ciamis.

Konvoi mobil ambulan dengan menyalakan suara sirene ini sempat mengagetkan warga. Betapa tidak, puluhan mobil ambulan dengan serentak menyalakan sirine membuat suasana menjadi bising. Tak sedikit warga yang berlari mencari sumber suara sirine untuk memastikan apa yang terjadi.

Warga yang tidak tahu maksud puluhan mobil ambulan itu melakukan konvoi sebagai persiapan siaga arus mudik, banyak yang mengaku kaget. Sebab, mereka mengira puluhan mobil ambulan konvoi dengan menyalakan sirine tengah mengangkut korban suatu musibah atau bencana besar.

“Terus terang saya kaget. Awalnya saya mengira telah terjadi musibah atau bencana besar. Karena saya teringat saat terjadi bencana tsunami Pangandaran, saat itu puluhan mobil ambulan mengangkut korban untuk dilarikan ke RSUD Banjar dan RSUD Ciamis,” kata Husen Maharaja, seorang pengendera sepeda motor yang melintas di jalan protokol Ciamis. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -