Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita CiamisJelang Lebaran, Kantor Samsat Ciamis Dipadati Wajib Pajak

Jelang Lebaran, Kantor Samsat Ciamis Dipadati Wajib Pajak

Para wajib pajak terlihat antri saat akan mengurusi dokumen kendaraan di Kantor Samsat Ciamis. Photo : Dian Sholeh Wardiana/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Terhitung dari mulai awal Bulan Ramadhan, wajib pajak (WP) yang mengurusi dokumen kendaraan bermotor di Kantor Samsat Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari padatnya aktifitas di Kantor Samsat akhir-akhir ini.

Kanit Regiden, Iptu Duhri, Selasa (8/7/2014), membenarkan kenaikan angka wajib pajak, terutama wajib pajak roda dua. Dia menilai, peningkatan itu tidak terlepas dari kesadaran masyarakat untuk menunaikan kewajiban membayar pajak.

”Biasanya, peningkatan jumlah wajib pajak juga terjadi satu minggu menjelang lebaran,” ujarnya.

Duhri menuturkan, Samsat akan meningkatkan pelayanan terhadap wajib pajak. Dengan kata lain, para petugas sudah diinstruksikan untuk memberikan pelayanan secara prima saat melayani wajib pajak.

Soal peningkatan jumlah wajib pajak di saat menjelang lebaran, kata Duhri, terkadang dipengaruhi oleh jumlah hari libur. Dan untuk menghindari denda, wajib pajak mengutamakan pembayaran lebih awal.

”Kemungkinan H-2 lebaran, pelayanan di kantor Samsat Ciamis mulai libur. Untuk mengantisipasi adanya curanmor ataupun pemberkasan palsu, korban diharap melapor ke Polsek terdekat,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang wajib pajak, Burhan (26), mengaku terpaksa harus mengantri lebih lama, karena jumlah wajib pajak yang ingin mengurusi dokumen kendaraan membludak.

”Saya terpaksa menunggu di luar karena tempat duduk di dalam sudah penuh. Saya tidak berani jauh karena takut nomor panggilan terlewat. Sebenarnya sih saya harus membayar pajak nanti mendekati lebaran. Namun kalau nanti takut penuh dan ini juga sekalian saja lagi ada di Ciamis,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -