Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BanjarKPU Kota Banjar Telah Selesai Pindai Formulir C1 Pilpres

KPU Kota Banjar Telah Selesai Pindai Formulir C1 Pilpres

 

Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, telah melakukan pemindaian (scanning) formulir model C1, yang berisi data rekapitulasi perolehan suara di tingkat TPS.

Setelah sebelumnya pada hari Kamis, (10/07/2014), C1 Pilpres itu diambil langsung pihak KPU ke 332 TPS, melalui PPS se- Kota Banjar

Anggota Komisioner KPU Kota Banjar, Asep Saparudin, mengatakan, formulir C1 Pilpres di Kota Banjar sudah selesai dipindai, namun belum dilakukan tabulasi.

“Sebelumnya, kita sudah meminta seluruh petugas di tingkat KPPS agar segera mengirimkan hasil data otentik tentang perolehan hasil suara pada masing-masing TPS. Agar proses pemindaian bisa dilaksanakan tepat waktu,” jelasnya, kepada HR, Jum’at, (11/07/2014).

Langkah jemput formulir C1 langsung ke TPS melalui PPS, kemudian langsung melakukan pemindaian. Menurut Asep, langkah itu untuk menekan ruang kecurangan dalam Pilpres.

Setelah dilakukan pemindaian, dan bila sudah di tabulasi. Kemudian pihaknya, kata Asep, akan langsung mengngirim ke KPU Provinsi, untuk selanjutnya diserahkan ke KPU RI.

“Dan nantinya secara nasional akan dipublikasikan oleh KPU RI mulai 16 Juli 2014. Hanya saja untuk hasil resminya, tetap berpedoman pada penghitungan manual yang dilakukan oleh jajaran KPU secara berjenjang, hingga diputuskan secara pleno oleh KPU RI,” urainya.

Penghitungan secara berjenjang itu, lanjut Asep, dimulai dari tanggal 10 sampai 12 Juli.Penghitungandi tingkat PPS (Desa/Kel), 13-15 Juli. Penghitungan ditingkat PPK (Kecamatan),16-17 Juli.Penghitungan ditingkat KPU Kabupaten/Kota, 18-19 Juli.Penghitunganditingkat KPU Provinsi, dan penghitungan tingkat nasional (KPU RI), 20-22 Juli. (Nanang S/R1/HR-Online)

- Advertisment -