Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita PangandaranMasyarakat Diminta Dukung Rencana Penataan Pantai Barat Pangandaran

Masyarakat Diminta Dukung Rencana Penataan Pantai Barat Pangandaran

Pantai barat Pangandaran yang akan dilakukan penataan menyusul akan mendapat bantuan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Foto: Madlani/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kawasan Pantai Barat Pangandaran atau zona 4, rencananya akan mendapat bantuan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bantuan itu berupa program penataan kawasan pantai barat zona 4.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Perindagkop dan UMKM, Edi Kusnadi, Selasa (9/7/2014), meminta agar seluruh stake holder dan elemen masyarakat, khususnya yang ada di wilayah zona 4, dapat bersatu dan mendukung program penataan tersebut.

Edi menuturkan, sukses tidaknya program penataan itu, akan menjadi bahan pertimbangan Pemerintah Pusat. Selain itu menjadi tolak ukur atau barometer kepercayaan pusat terhadap Pemda Pangandaran.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Pangandaran, Iwan Herdiawan, mengaku, pihaknya hanya sebatas memfasilitasi. Tentunya, masyarakat akan melihat terlebih dahulu sejauhmana sosialisasi serta tahapan-tahapan yang akan dilalui.

“Intinya pemerintah Desa hanya fasilitator. Kami juga mengharapkan keterlibatan semua stake holder untukĀ  mengikuti pelaksanaan sosialisasi tentang tahapan-tahapan seputar penataan pantai tersebut,” jelas Iwan.

Pada prinsipnya, Iwan menegaskan, pihaknya sangat mendukung program penataan pantai barat, zona 4. Asalkan, semua elemen masyarakat terlibat dalam kegiatan sosialisasi dan tahapan lainya.

“Kami berharap dorongan dan partisipasi stake holder untuk bersama-sama mensukseskan program ini. Sebab ini menyangkut Pangandaran kedepannya,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Ketua Himpunan Pedagang Pasar Wisata Pangandaran (HP2WP), Engking, menilai, untuk kemajuan Pangandaran kedepan, harus ada yang berani melangkah dan mencoba.

“Kendala-kendala harus disosialisasikan bersama-sama komponen masyarakat Pangandaran. Jangan ada yang merasa paling hebat dan pintar. Yang justru nantinya menghambat program tersebut,” jelas Engking.

Engking berharap semua komponen masyarakat bersama-sama melaksanakan program penataan tersebut. Termasuk menjelaskan teknis kegunaan serta manfaat penataan itu buat para pedagang yang ada di lokasi Pantai Barat. (Mad/Koran-HR)

- Advertisment -