Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita CiamisMeski Tanggul Parit Jebol, Pemkab Ciamis Belum Lakukan Perbaikan

Meski Tanggul Parit Jebol, Pemkab Ciamis Belum Lakukan Perbaikan

Tanggul parit yang berada di samping kampus MAN 1 Ciamis, di jalan KH. Muhamad Siroj, Dusun Bojongsari, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupatan Ciamis, jebol tergerus luapan air. Namun, hingga saat ini belum dilakukan perbaikan. Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat hujan deras yang terjadi selama beberapa pekan kemarin, membuat tanggul parit yang berada di samping kampus MAN 1 Ciamis, di jalan KH. Muhamad Siroj, Dusun Bojongsari, Desa Dewasari, Kecamatan Cijeungjing, Kabupatan Ciamis, jebol tergerus luapan air. Meski air dari parit meluap ke badan jalan, namun pihak pemerintah setempat belum melakukan perbaikan.

Ridwan (27), warga setempat, mengatakan, tanggul parit tersebut jebol ketika hujan deras yang terjadi pada Minggu (13/07/2014) malam, beberapa pekan lalu. Karena debit air yang mengalir cukup deras dan tidak sebanding dengan volume daya tampung parit, mengakibatkan tembok dan pondasi penahan air jebol. Akibatnya, dua kolam dan bahu jalan tergenang air dengan kedalaman hampir 10 cm.

Ridwan mengatakan, kondisi tersebut sangat menggangu warga beraktifitas. Selain menimbulkan becek,  aspal jalan pun ikut terkelupas, sehingga bila ada kendaraan bermotor harus ekstra hati –hati.

“Meski kejadian jebolnya tanggul ini sudah sekitar dua pekan yang lalu, namun sampai sekarang belum ada upaya dari Dinas terkait di Pemkab Ciamis untuk memperbaiki parit tersebut,” katanya, Senin (28/07/2014).

Hal senada dikatakan Rengki (28), salah seorang tenaga pengajar di SMK Taruna Bangsa. Dia mengatakan, jalan tersebut merupakan akses menuju dua sekolah, yakni SMK Taruna Bangsa dan MAN 1 Ciamis. Menurutnya, apabila saat masuk sekolah keadaan parit tersebut masih jebol, dikhwatirkan akan menggangu para siswa saat melewati jalan tersebut.

“Penanganan dini terhadap tanggul jebol itu seharusnya sudah dilakukan oleh dinas terkait. Minimalnya ada upaya untuk menghentikan air agar tidak meluap ke badan jalan. Tapi hingga saat ini dibiarkan begitu saja,“ katanya.

Dia berharap pemerintah segera melakukan perbaikan. Sebab, jalan itu sangat vital untuk menunjang aktivitas perekonomian maupun pendidikan anak sekolah. (Heri/R2/HR-Online)

- Advertisment -