Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita CiamisRumah Warga di Bantaran Sungai Cileueur Ciamis Terendam Banjir

Rumah Warga di Bantaran Sungai Cileueur Ciamis Terendam Banjir

Sejumlah rumah warga, di Dusun Caruy, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terendam banjir akibat Sungai Cileueur meluap, Minggu (13/07/2014). Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tidak hanya merendam hektaran sawah dan kolam warga, akibat Sungai Cileueur meluap, juga merendam rumah warga yang berada di bantaran sungai, tepatnya di Dusun Limus dan Dusun Caruy, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Minggu (13/07/2014).

Dari pantauan HR di lapangan, banjir di daerah bantaran Sungai Cileueur, setinggi pinggang orang dewasa. Sementara ketinggian banjir yang masuk ke rumah warga setinggi lutut. Warga yang terkena dampak banjir pun harus sibuk menyelamatkan barang-barang berharga mereka.

Sungai Cileueur meluap akibat hujan yang terus mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya dalam dua hari terakhir ini. Bahkan, hari ini hujan terjadi selama seharian penuh tanpa henti.

Wawan Ketua RT 02/07 Dusun Limus, Desa Sukajadi, mengatakan, ada tiga rumah milik warga yang terkena luapan banjir, yakni rumah milik Komaludin (50),Ocoh (60) dan Idi (60).

“Banjir terjadi tadi pagi. Namun, bencana ini tidak kami laporkan ke aparat pemerintah. Karena kami sudah bosan. Meski melapor pun tidak ada tanggapan dari pemerintah. Kami dari dulu sudah meminta agar penahan air di Sungai Cileueur diperbaiki. Tetapi permintaaan kami tidak didengar pemerintah. Makanya kami bosan,” gerutunya, kepada HR, Minggu (13/07/2014).

Menurut Wawan, dirinya mencatat bencana banjir di daerahnya sudah 7 kali terjadi. Dia mengatakan, setiap Sungai Cileueur meluap, pasti daerahnya terkena dampak. “Terus terang, kami bersama warga di sini pasrah saja menjadi daerah langganan banjir. Karena kita melapor ke pemerintah pun percuma, karena tidak didengar,” imbuhnya.

Selain di Dusun Limus, banjir pun menerjang daerah bantaran di Dusun Caruy, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis. Dari informasi yang dihimpun, dampak Sungai Cileueur meluap, hampir menggenangi seluruh daerah bantaran di sepanjang sungai tersebut.

Tedi Herdis (40) warga Dusun Caruy, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, salah satu warga yang terkena dampak banjir. Dia mengatakan, rumahnya berantakan terendam banjir menyusul sungai Cileueur meluap. “Tadi pagi, tiba-tiba air datang dan langsung merendam rumah saya.,” ucapnya, Minggu (13/07/2014).

Menurut Tedi, setiap Sungai Cileueur meluap, daerahnya pasti terkena dampak banjir. Namun, banjir kali ini paling parah apabila dibanding dengan banjir yang terjadi sebelumnya.

“Banjir kali ini setinggi pinggang orang dewasa. Banjir saat ini paling parah,” katanya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -