Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita BanjarSaat Lebaran, Pedagang Musiman Menjamur Di Banjar

Saat Lebaran, Pedagang Musiman Menjamur Di Banjar

Salah satu pedagang musiman di kawasan rest area Banjar atas, Minggu, (28/07/2014). Kawasan ini memang menjadi tetap favorit para pemudik untuk melepas lelah.

Foto : Hermanto/HR

Banjar, (harapanrakyat.com)

Masa libur Lebaran tahun 2014 ini, di kota Banjar kini dapat ditemui dengan mudah pedagang musiman di jalur utama lintas selatan. Para pedagang musiman itu, terlihat jelang Ramadhan, dan biasanya akan tutup setelah H +7 saat massa arus balik berhenti.

Seperti dikatakan Rumiyati (48), pedagang musiman, warga Parungsari, Kelurahan Karangpanimbal, Kec. Purwaharja, mengatakan, menjadi pedagang musiman karena peluang mengais rezeki dari para pemudik yang lewat.

Rumiyati dalam keseharian biasanya berjualan jamu keliling. Namun, saat menjadi pedagang musiman, dirinya berjualan nasi soto serta makanan lainnya.

“Kawasan rest area Banjar atas enak untuk istirahat, jadi banyak pemudik yang beristirahat dan membeli makanan,” ucapnya kepada HR, Minggu, (28/07/2014).

Di hari lebaran pertama, Rumiyati membuka berdagang nasi soto setelah bersilahturahmi bersama keluarga dan tetangga.

Tidak hanya Rumiyati yang memanfaatkan peluang mengais rezeki dari para pemudik. Mimin (40), masih warga sekitar Banjar Atas, yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga tidak mau melewatkan kesempatan tersebut.

Menu andalan berjualan Mimin yaitu berjualan pecel dan gorengan. “Ini tahun kedua menjadi pedagang musiman disaat lebaran. Alhamdulillah, seperti tahun lalu dagangan laris,” akunya.

Pantauan HR, sejumlah pemudik masih terlihat ramai melintas dikawasan Banjar Atas menuju arah Jawa Tengah. Seperti Purwanto (26), warga Kedawung, Kebumen Jateng, yang mudik menggunakan sepeda motor berserta sejumlah teman dari Bekasi, memilih melepas lelah di rest area Banjar Atas.

“Sudah jadi langganan kalau mudik selalu melepas lelah di Banjar Atas, meski untuk sekedar minum kopi atau beli makanan lainnya. Ini kali ketiga kami singgah disini,” ucapnya. (Hermanto/R1/HR-Online)

- Advertisment -