Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita CiamisSungai Cileueur Ciamis Meluap, Daerah Bantaran Terendam Banjir

Sungai Cileueur Ciamis Meluap, Daerah Bantaran Terendam Banjir

Sungai Cileueur di Dusun Limusdesa, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, meluap. Akibatnya, daerah bantaran terendam banjir, Minggu (13/07/2014). Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Menyusul tingginya intensitas hujan yang terjadi seharian, Sungai Cileueur di Dusun Limusdesa, Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, meluap, Minggu (13/07/2014). Akibatnya, ratusan hektar sawah dan puluhan kolam ikan milik warga terendam banjir.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir ini. Hanya kerugian yang dialimi warga yang terkena dampak banjir diperkirakan ratusan juta rupiah. Karena padi yang baru ditanam beberapa bulan hancur terendam banjir. Selain itu, ribuan kilogram ikan di kolam warga hanyut tersapu banjir.

Sahri (46) warga setempat, mengatakan, air sungai meluap sekitar pukul 06.00 pagi tadi. Banjir juga dipicu dari kondisi bronjong penahan air yang berada sebelah barat jembatan Ampera terlalu rendah, sehingga saat sungai meluap dengan mudah air bah masuk ke wilayah permukiman warga.

“Banjir ini dampak hujan semalaman yang terus mengguyur wilayah Ciamis dan sekitarnya. Di saat debit air sungai naik, diperparah oleh kondisi bronjong yang tidak bisa menahan luapan air sungai,” katanya.

Menurut Sahri, setiap terjadi hujan dengan intensitas tinggi kemudian menyebabkan Sungai Cileueur meluap, daerahnya pasti terkena dampak banjir. “Penyebabnya dari bronjong penahan air yang terlalu rendah. Warga sudah meminta beberapa kali kepada dinas terkait agar membetulkan bronjong tersebut, tapi hingga saat ini belum ada realisasinya,” ucapnya.

Menurut Sahri, apabila bronjong di dekat Jembatan Ampera tidak ditinggikan, banjir akan menjadi langganan di daerahnya setiap Sungai Cileueur meluap.

“Kami minta kepada dinas terkait agar bisa memperhatikan kondisi bronjong yang sudah tidak bisa menahan air. Warga di sini sudah bosan menjadi korban banjir,” tegasnya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -