Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita CiamisADD Telat, Pemdes di Ciamis Dilarang Pinjam Pihak Ketiga

ADD Telat, Pemdes di Ciamis Dilarang Pinjam Pihak Ketiga

Foto : Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BKBPMPD) Kabupaten Ciamis, melarang pemerintahan desa (pemdes) meminjam dana talang kepada pihak ketiga. Hal itu menyusul adanya upaya dari sejumlah pemerintahan desa di wilayah Kabupaten Ciamis yang mencoba menutupi kebutuhan rumah tangga desa dengan meminjam dana talang dari pihak ketiga.

“Itu (minjam dana talang dari pihak ketiga) tidak dibenarkan, tidak boleh. Apa dasarnya mereka (Pemdes) pinjam kepada pihak ketiga, juga mana payung hukumnya,” kata Kabid Pemerintahan Desa, Drs. Asep Sutisna, M.Si., Senin (25/8/2014), di ruang kerjanya.

Baiknya, kata Asep, pemdes memperbaiki pengelolaan keuangan di tingkat desa. Kemudian, pemdes juga harus menertibkan segala bentuk administrasi yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan tersebut.

“Selama persyaratan pengajuan Alokasi Dana Desa (ADD) terpenuhi dan tepat waktu, dapat dipastikan pencairan ADD juga bisa tepat waktu,” tandasnya.

Lebih lanjut, Asep menuturkan, karena alasan hukum, pihaknya tidak mentolerir upaya pemdes meminjam dana talang dari pihak ketiga. Namun demikian, pihaknya mengakui yang menjadi kendala pemdes dalam pengajuan ADD.

“Memang SDM di desa itu berbeda-beda. Khususnya dalam masalah pengelolaan keuangan dan lain-lainnya yang berkaitan dengan ketertiban administrasi. Akibat itu, pengajuan ADD menjadi tersendat,” katanya. (DSW/Koran-HR)