Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarAkibat Penyempitan Jalan, Macet Parah Terjadi di Purwaharja Banjar

Akibat Penyempitan Jalan, Macet Parah Terjadi di Purwaharja Banjar

Peningkatan volume kendaraan di jalan Brigjen M Isa, di Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, sudah terjadi sejak pagi tadi, Minggu (03/08/2014). Diprediksi hari ini merupakan puncak arus balik Lebaran. Foto: Hermanto/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Memasuki H+6 Lebaran, Minggu (03/08/2014), lalu lintas arus balik dari Jawa Tengah menuju Bandung sore ini tampaknya mencapai puncaknya. Peningkatan volume kendaraan sudah terlihat di jalan Brigjen M Isa, di Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. 

Dari pantauan HR, kepadatan arus balik di jalur selatan Jawa itu terlihat sejak pagi tadi. Antrian kendaraan sepeda motor, bus pariwisata dan kendaraan pribadi, telah mengular hingga sepanjang 3 kilometer.

Dari catatan pihak kepolisian setempat, sudah hampir 100 lebih kendaraan melintas di wilayah Kota Banjar hingga H+6 Lebaran. Kendaraan didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor.

Kemacetan kendaraan yang terjadi di Kota Banjar ini, selain disebabkan oleh banyaknya volume kendaraan, juga diperparah oleh adanya penyempitan jalan di perbatasan Banjar-Ciamis. Untuk mengantisipasi kemacetan total, Polres Banjar mengalihkan sebagian kendaraan ke jalur alternatif, yaitu melalui jalur Cimaragas yang langsung tembus ke Tasikmalaya ataupun Garut.

Panji, salah satu pebalik asal Kebumen, Jawa Tengah, mengatakan, dari jam 12 malam dirinya terjebak macet hingga dua kali. Kemacetan yang pertama di daerah Gombong, Jawa Tengah. sedangkan kemacetan kedua terjadi di Kota Banjar, Jawa Barat.

Sementara itu, hingga pukul 16.00 WIB,  kepadatan arus lalin masih terjadi di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat. (Hermanto/R2/HR-Online)