Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita CiamisAwas! Jurang Jalan Bojong-Cimaragas Ciamis Amblas

Awas! Jurang Jalan Bojong-Cimaragas Ciamis Amblas

Warga Bojongmengger berjaga-jaga di kawasan jurang yang rawan amblas. Photo : Deni Supendi/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jalan poros yang menghubungkan antara Bojong Cijeungjing-Cimaragas kini kondisinya sangat membahayakan bagi pengendara sepeda motor dan juga mobil. Pasalnya, jurang atau tebing jalan di wilayah Bojongmengger amblas sedalam puluhan meter.

Ujang (21), pengguna jalan asal Cimaragas, Selasa (26/8/2014), mengatakan, lokasi jalan penghubung antara Bojong-Cimaragas ini memang terbilang berbahaya. Sebab daerah tersebut rawan terjadi pergeseran tanah.

“Akibat curah hujan yang cukup tinggi mengguyur daerah Ciamis, membuat tebing yang berada di Bojongmengger ini labil dan amblas. Dan kini kondisinya cukup membahayakan pengguna jalan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, seiring amblasnya tebing tersebut membuat pengguna jalan harus ekstra hati-hati apabila melintasi daerah tersebut. Bahkan, warga setempat terpaksa membuat penjagaan ekstra untuk mengatur lalu lintas.

“Menyusul adanya kejadian ini (amblas), warga dengan sukarela membuat penjagaan di kawasan jurang yang amblas. Ini demi menjaga keselamatan pengguna jalan,” kata seorang warga yang menjaga kawasan jurang amblas tersebut.

Peristiwa longsornya tebing curam di kawasan itu, menurut sumber yang sama, terjadi setelah diguyur hujan. Warga setempat kemudian berinisiatif untuk membuat papan pemberitahuan berisikan himbauan kepada pengendara untuk berhati-hati. (Deni/Koran-HR)