Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarBeli Motor untuk Kadus, Pemdes Neglasari Banjar Lelang Yaris

Beli Motor untuk Kadus, Pemdes Neglasari Banjar Lelang Yaris

Foto : Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hadiah satu unit mobil  Yaris keluaran tahun 2007 yang diterima Pemerintah Desa Neglasari, Kec/Kota Banjar, dari undian tabungan ADD tahun 2007-2008 di Bank Jabar, akhirnya dilelang. Setelah Pemprov. Jawa Barat memberikan bantuan mobil dinas (mobdin) kepada kepala desa/lurah se-Kota Banjar.

Mobil dari hadiah undian tersebut diterima Desa Neglasari saat kepala desanya masih dijabat oleh Bakin Kusdiana. Sekarang, dengan adanya bantuan mobdin maka berdasarkan kesepakatan bersama dalam rapat yang melibatkan BPD, lembaga yang ada di desa, Karang Taruna Desa, serta masyarakat yang diwakili oleh kepala dusun masing-masing, mobil tersebut akhirnya dijual.

“Sesuai kesepakatan bersama, hasil penjualan mobil digunakan untuk membeli sepeda motor 4 unit, diperuntukkan bagi empat kepala dusun guna menunjang kinerja dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” kata Kepala Desa Neglasari, Setiaman, saat ditemui HR di ruang kerjanya, Senin (18/08/2014).

Dia menyebutkan, mobil Yaris terjual dengan harga Rp.105 juta. Uang sebesar itu selain digunakan membeli empat unit sepeda motor sebesar Rp.47.870.000, juga untuk membereskan administrasi pada waktu penerimaan kendaraan Yaris, dan membayar pajak berikut dendanya sebesar Rp.8 juta.

Kemudian, Rp.37 juta digunakan untuk mengganti bekas membayar pajak undian yang saat itu ditanggulangi oleh uang pribadi Bakin. Kemudian, pembelian accu sebesar Rp.610.000, membayar moderator Rp.1,5 juta, dan Rp.10 juta digunakan untuk membayar proses pengambilan mobdin Suzuki Ertiga bantuan dari Pemprov. Jawa Barat.

“Untuk proses penjualan mobil Yaris sepenuhnya saya kuasakan ke BPD, dan disaksikan oleh moderator. Jadi desa hanya memberikan surat kuasa kepada BPD, serta melakukan monitoring guna mengetahui sesuai tidaknya dengan hasil rapat yang telah mereka sepekati bersama,” kata Setiaman. (AM/Koran-HR)