Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita CiamisDampak Macet Arus Mudik, Tamu Hotel di Ciamis Alami Peningkatan

Dampak Macet Arus Mudik, Tamu Hotel di Ciamis Alami Peningkatan

Tedi Ardiansyah, Pengelola Arinda Grand Hotel, saat membereskan kamar yang baru ditinggalkan tamu. Photo : Deni Supendi/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sepanjang masa libur lebaran ini, angka kunjungan tamu ke sejumlah hotel di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengalami peningkatan. Salah satunya dialami Arinda Grand Hotel yang berlamat di Jl. Kapten Murod Idrus, Blok Gapura VI, Nomor 10, Ciamis.

Tedi Ardiansyah, Pengelola Hotel, ketika ditemui HR, Jum`at (1/8/2014), membenarkan kenaikan jumlah tamu hotel sepanjang lima hari ini. “Dibandingkan hari-hari biasa, lima hari belakangan ini jumlah tamu hotel lumayan banyak,” katanya.

Menurut Tedi, dari informasi yang dia dapat, para tamu hotel kebanyakan memilih beristirahat setelah merasa lelah akibat terjebak kemacetan pada arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

Kebanyak tamu yang menginap selama lima hari ini, kata Tedi, berasal dari luar kota, seperti Bekasi, Jakarta, Bandung, Bogor dan sejumlah kota besar lainnya. Bila dipersentasikan, penambahan angka tamu hotel mencapai 80 persen.

Pada kesempatan itu, Tedi bersyukur, dampak kemacetan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini memberikan berkah tersendiri bagi pihaknya. Sebab dengan begitu, pihaknya bisa memperoleh pendapatan yang cukup untuk menutupi biaya operasional, seperti membayar listrik, air dan yang lainnya.

“Apalagi sepanjang Bulan Ramadhan kemarin, hotel ditutup total, dan tidak ada pemasukan,” ucapnya.

Tedi menambahkan, pihaknya tidak memanfaatkan momen kali ini dengan menaikkan tarif sewa kamar. Pihaknya hanya mengandalkan tarif normal hari-hari biasa. Tarif kamar di hotel yang dikelolanya berkisar antara Rp 100 sampai 250 ribu. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -