Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisDisdikbud Ciamis Bantu Siapkan Ketersediaan Buku Paket

Disdikbud Ciamis Bantu Siapkan Ketersediaan Buku Paket

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rencananya akan membantu menyiapkan ketersediaan buku paket baru untuk mendukung penerapan dan pelaksanaan kurikulum tahun 2013.

Sekretaris Disdikbud Ciamis, Chandra, saat dihubungi HR, Selasa, (22/7/2014), mengatakan, Kurikulum 2013 sebenarnya sudah diterapkan sejak tahun lalu oleh sejumlah satuan pendidikan (sekolah).

Tahun ini, kata Chandra, seluruh satuan pendidikan negeri dan swasta diharuskan untuk menerapkan Kurikulum 2013 di seluruh jenjang pendidikan, mulai SD kelas 1, 2 4 dan 5, SMP kelas 7-8 dan SMA/SMK kelas 10-11.

Lebih lanjut Chandra mengaku, Disdikbud telah melaksanakan in house training kepada para guru di sekolah. tujuannya agar para guru dan sekolah siap menerapkan Kurikulum 2013. Untuk menunjang itu juga, Disdik akan membantu menyiapkan buku paket baru.

”Iya, buku paket yang sesuai dengan kurikulum 2013 akan turun ke daerah pada tanggal 4 Agustus 2014. Walau pun nanti telat kami sudah menyiapkan antisipasinya,” tuturnya.

Buku paket tersebut kata Chandra, dibeli dengan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Untuk pengadaan buku tersebut dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menurut Chandra, penerapan Kurikulum 2013 akan dilakukan secara serentak oleh satuan pendidikan di seluruh penjuru Indonesia. Termasuk di Kabupaten Ciamis, sudah siap untuk menerapkannya.

“Kami pastikan seluruh sekolah di Ciamis sudah bisa menerapkan Kurikulum 2013, karena persiapannya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Kami sudah melakukan persiapan kepada para guru dan siswa melalui in house training,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)