Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita CiamisDisnak Ciamis Siap Penuhi Kebutuhan Hewan Qurban

Disnak Ciamis Siap Penuhi Kebutuhan Hewan Qurban

Photo Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jelang Hari Raya Idul Adha (Qurban), Pasar Hewan Terpadu yang beralamat di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, menyatakan siap memenuhi kebutuhan hewan qurban bagi konsumen.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Peternakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, Otong Bustomi, Kamis (21/8/2014), mengatakan, saat ini pemerintah sedang mengoptimalkan pasar hewan terpadu untuk membantu masyarakat dalam menyediakan hewan qurban.

“Nantinya masyarakat tidak usah mencari hewan qurban ke tempat lain. Karena di pasar hewan terpadu stok untuk itu disediakan pemerintah,” katanya.

Otong menurturkan, kebutuhan hewan potong menjelelang Hari Raya Idul Adha untuk Kabupaten Ciamis mencapai sekitar 3000 ekor.

Namun, kata dia, yang saat ini telah tersedia di kalangan peternak lokal baru sekitat 1000 ekor. Untuk mengantisipasi kekurangan kebutuhan tersebut, pemerintah melalui Dinas Peternakan dan Perikanan akan menambahnya dari luar daerah daerah.

“Kami akan mendatangkan sapi siap potong dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur,” ungkapnya.

Lebihlanjut Otong menegaskan, pihaknya akan mengawasi kesehatan sapi-sapi potong yang didatangkan dari daerah lain tersebut. “Sebelum Ciamis, kami akan memeriksa kesehatan hewan qurban itu. Bagi yang lolos kesehatannya, akan diberikan sertifikasi Surat  Keterangan Kesehatan Hewan ( SKKH ),” katanya. (Her/R4/HR-Online)