Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita BanjarGolkar Tentukan Pimpinan DPRD Kota Banjar Lewat Pleno

Golkar Tentukan Pimpinan DPRD Kota Banjar Lewat Pleno

Foto : Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setelah pelantikan anggota dewan terpilih Kota Banjar periode 2014-2019, 5 Agustus lalu, kini memasuki babak penentuan unsur pimpinan Ketua di DPRD Kota Banjar. Partai Golkar sebagai pemenang Pemilu Legislatif, dengan meraih 6 kursi, berhak menempatkan kadernya sebagai pimpinan Legislatif.

Berdasarkan sejumlah informasi, DPD Golkar Kota Banjar telah melakukan konsolidasi untuk menempatkan anggota legislatifnya menjadi Ketua DPRD dan unsur pimpinan lainnya.

Meski secara resmi DPD Golkar Kota Banjar belum memutuskan siapa kader yang bakal duduk dipucuk pimpinan. Santer dikabarkan, Drs. Dadang R Kalyubi, M.si., bakal kembali menahkodai DPRD untuk lima tahun kedepan.

“Untuk menentukan siapa yang akan menjadi Ketua Dewan, kami akan memutuskan melalui rapat pleno pengurus. Hal itu mengacu kepada Peraturan Organisasi partai Golkar,” jelas Kusnadi, Wakil Ketua I DPD Partai Golkar, Kota Banjar, Kamis, (07/08/2014).

Rapat pleno yang diperluas, lanjut Kusnadi, akan dilaksanakan Jum’at (08/08/2014). Selain diikuti pengurus harian, juga akan dihadiri Ketua Pengurus Kecamatan (PK) dan Pengrus Desa (PD). Namun, PK dan PD tidak mempunyai hak suara, melainkan hanya mempunyai hak berbicara.

Mengenai kemungkinan, kata Kusnadi, ke enam anggota legislatif partai Golkar mempunyai hak yang sama, untuk duduk menjadi Ketua DPRD. Tetapi, berdasarkan PO, ada indikator yang telah ditetapkan.

“Diantaranya, Pendidikan minimal S1. Tidak pernah menjadi anggota partai lain. Harus menjadi pengurus partai. Sudah menjadi anggota DPRD satu periode, dan peraih suara terbanyak pada Pileg lalu,” papar Kusnadi. (Nanang S/R1/HR-Online)