Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisHama Wereng Ancam Target Produksi Beras Ciamis

Hama Wereng Ancam Target Produksi Beras Ciamis

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Kabupaten Ciamis, Ir. Kustini, mengakui dengan banyaknya lahan pertanian di Kabupaten Ciamis yang terkena dampak hama wereng, sedikitnya akan mengancam terget produksi beras Ciamis. Namun, dia berharap, dengan dilakukan langkah pembagian bantuan pestisida kepada petani, dapat meminimalisir jumlah areal persawahan yang mengalami gagal panen akibat hama tersebut.

“Mudah-mudahan serangan hama wereng ini bisa cepat kita tanggulangi. Karena apabila banyak areal persawahan yang mengalami gagal panen akibat hama wereng, dipastikan akan mengganggu target produski beras Ciamis,” jelasnya.

Dari 15 kecamatan, lanjut Kustini, ada beberapa diantaranya yang parah terkena dampak hama wereng. Kecamatan itu meliputi Pamarican, Banjarsari, Cimaragas, Cidolog, Baregbeg, Ciamis, Rancah, Rajadesa dan Cijeungjing.

“Justru serangan hama wereng ini terjadi di daerah-daerah yang menjadi lumbung padi Kabupaten Ciamis. Makanya, kita akan gerak cepat melakukan penanggulangan penyebaran hama wereng di daerah tersebut. Langkah ini tentunya sebagai antisipasi untuk menjaga target produksi beras Ciamis, “ pungkasnya. (Bgj/Koran-HR)