Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisInfrastruktur Jalan Kiarapayung Rancah Ciamis Rusak Parah

Infrastruktur Jalan Kiarapayung Rancah Ciamis Rusak Parah

Kondisi infrastruktur jalan di Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah yang mengalami kerusakan cukup parah.

Foto : Deni Supendi/ HR

Rancah, (harapanrakyat.com),-

Jalan desa sepanjang puluhan kilometer yang melintasi Dusun Bojong hingga Margamulya, Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya rusak parah.

Sebagian besar pengguna jalan dan warga yang tinggal di sepanjang jalan rusak itu menyayangkan sikap Pemerintah Kabupaten Ciamis yang sampai saat ini masih terkesan diam dan belum merealisasikan perbaikan jalan tersebut.

Asep, pengguna jalan, ketika ditemui HR, Senin (4/8/2014), mengatakan, jalan rusak tersebut merupakan akses vital yang banyak digunakan oleh warga dari berbagai daerah. Alasannya karena akses tersebut sangat membantu memperlancar aktifitas perekonomian warga.

“Sayangnya, kondisi fisik infrastruktur jalan ini tidak lagi membantu memperlancar aktifitas warga sehari-hari. Kondisinya rusak parah. Jalanan berlubang dan berbatu. Kalau hujan licin,” ucapnya.

Rita, warga setempat, ketika dimintai tanggapan, membenarkan keluhan warga terkait infrastruktur jalan di wilayah itu yang kondisinya sangat memprihatinkan. Sejak lama warga ingin jalan itu diperbaiki, namun sampai saat ini Pemerintah Kabupaten belum juga mengagendakan perbaikan.

Menurut Rita, kerusakan jalan cukup parah. Selain berlubang dan berbatu, jalan ini kerap menelan korban. Banyak pengendara roda dua yang jatuh akibat terperosok lubang dan melindas bebatuan.

“Lebih parah lagi bila sedang hujan. Lubang jalan digenangi air, dan jalan menjadi licin,” katanya. (Deni/Koran-HR)