Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita CiamisJaga Kelestarian Hutan, Dishutbun Ciamis Agendakan Reboisasi

Jaga Kelestarian Hutan, Dishutbun Ciamis Agendakan Reboisasi

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabuaten Ciamis berencana melakukan reboisasi hutan. Dengan harapan, rebosisasi tersebut memberikan dampak positif terhadap kelestarian lahan hutan seperti halnya hutan kota dan hutan di sepanjang aliran sungai.

Sekertaris Dishutbun Ciamis, Sudarmanto, Jum’at (15/8/2014), menjelaskan, rencana tersebut sudah dicanangkan sejak lama. Realisasinya, agenda reboisasi itu akan dilaksanakan pada tahun 2015 mendatang.

“Dari hasil pendataan, banyak sekali lahan yang sudah beralih fungsi. Harus ada antisipasi untuk menjaga kelestarian hutan dan menghindari penyempitan lahan,” jelasnya.

Kepada HR, Darmanto mengungkapkan, kegiatan reboisasi atau penataan hutan akan dititikberatkan di wilayah sepanjang aliran sungai yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis. Tujuannya supaya daerah resapan air tidak tergerus dan tidak menyebabkan bencana.

Tidak hanya itu, tambah Darmanto, rebosisasi tersebut sebagai awal untuk menambah daya tahan hutan daerah di luar dari hutan produksi. Sebab, masih banyak lahan yang memang harus terus tetap dijaga kelastariannya.

“Rebosisasi ini jelas harus didukung semua pihak, baik Pemkab Ciamis maupun masyarakat,” katanya.

Darmanto juga menghimbau agar masyarakat tidak menebang pohon, meski itu milik sendiri. Kalupun terpaksa ditebang, masyarakat harus mau untuk menanam kembali pohon lain sebagai pengganti. (es/Koran-HR)