Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita PangandaranKunjungan Wisatawan ke Batukaras Pangandaran Meningkat 20%

Kunjungan Wisatawan ke Batukaras Pangandaran Meningkat 20%

Sejumlah kendaraan wisatawan mengantri saat memasuki pintu tol wisata pantai Batukaras, di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Kamis (31/07/2014). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Akibat padatnya wisatawan yang berkunjung ke pantai pananjung Pangandaran, membuat sebagian wisatawan lebih memilih pantai Batukaras, di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran sebagai tujuan rekreasi untuk mengisi libur Lebaran tahun ini. Hal itu terlihat dari lonjakan wisatawan ke pantai Batukaras selama 2 hari terakhir ini.

Menurut Kepala Dinas Parawisata dan Deprindagkop Pangandaran, Drs. Suheryana, memang terjadi lonjakan angka kunjungan ke objek wisata Batukaras sekitar 20 persen jika dibanding dengan libur Lebaran tahun lalu. “ Mungkin wisatawan bosan berekresi ke pantai pananjung Pangandaran, sehingga mereka lebih memilih pantai Batukaras,“ ungkapnya, kepada HR, Kamis (31/07/2014) malam.

Suheryana menambahkan, pihaknya mencatat sebanyak 16.984 wisatawan pada H+2 dan H+3 Lebaran yang masuk ke objek wisata pantai Batukaras. “ Angka tersebut hanya dalam waktu dua hari masa liburan. Diprediksi pada H+5 Lebaran, angka kunjungan wisatawan akan lebih meningkat menyusul hari terakhir masa liburan Lebaran, “ katanya.

Dari pantauan HR, lonjakan wisatawan ke pantai Batukaras terjadi pada Kamis (31/07/2014) kemarin. Antrian kendaraan mengular di pintu masuk wisata Batukaras. Hal itu membuat sibuk para petugas UPTD Parawisata yang berjaga di pintu tol masuk kawasan wisata tersebut.

Kemacetan dan antrian kendaraan yang terjadi di pintu masuk Batukaras selama sehari kemarin pun dipengaruhi dari tidak adanya rambu- rambu dan rekayasa lalu lintas yang dilakukan oleh pihak Dishub ataupun kepolisian. Akibatnya, antrian kendaraan mengular hingga puluhan kilometer.

“Harusnya ada jalur alternatif untuk mengurai kemacetan. Yang terjadi, seluruh kendaraan masuk hanya melalui satu pintu,“ kata Indra Mukti (34), wisatawan asal Bogor yang saat ditemui tengah mengantri masuk ke objek wisata Batukaras, Kamis (31/07/2014).

Sementara itu, wisatawan yang menggunakan sepeda motor, lebih memilih jalur jembatan gantung untuk memasuki objek wisata pantai Batukaras. Pilihan itu dilakukan karena di jalur utama pintu masuk terjadi antrian kendaraan yang cukup panjang. (Ntang/Bgj/R2/HR-Online)

- Advertisment -