Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita PangandaranObjek Wisata Gua Donan Pangandaran Tak Terawat

Objek Wisata Gua Donan Pangandaran Tak Terawat

Patung selamat datang di objek wisata Gua Donan ambruk akibat longsor, masih terlihat teronggok belum ada perbaikan. Objek wisata tersebut dibiarkan tak terawat.

Foto : Andri/HR

Kalipucang, (harapanrakyat.com),-

Kondisi objek wisata Gua Donan yang terletak di Desa Tungilis, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, tak terawatt dan memprihatinkan. Mungkin ini salah satu objek wisata di Kab. Pangandaran yang tak menarik wisatawan pada liburan lebaran kemarin.

Hal itu terlihat dari sepinya pengunjung ke objek wisata Gua Donan. Ciri fisik tak terawatnya objek wisata tersebut, terlihat dari patung selamat datang yang berada di pintu masuk masih dibiarkan ambruk, akibat longsor yang terjadi pada Sabtu, (02/08/2014) lalu.

Padahal sebelumnya, Gua Donan sempat menjadi objek wisata andalan di Pangandaran, dan mampu menjadi pendapatan bagi kas daerah.

Atas keprihatinan tersebut, Dean, warga Dusun Gorda, Desa Tunggilis, menyayangkan pihak Pemkab Pangandaran yang tak peduli atas kondisi objek wisata Gua Donan saat ini.

“Seharusnya pihak Pemkab melalui Dinas Pariwisata bertindak cepat untuk memulihkan objek wisata Gua Donan. Jangan sampai dibiarkan begitu saja tak terawatt,” ucapnya kepada HR, Senin, (04/08/2014).

Sikap tak peduli itu, lanjut Dean, dapat terlihat dari ambruknya patung selamat datang di pintu masuk di objek tersebut, akibat bencana longsor beberapa waktu lalu. “Pihak Dinas Pariwisata harus segera memperbaikiknya, dan memulihkan objek wisata tersebut,” harapnya.

Sementara itu, Apandi wisatawan asal Bandung, yang menyempatkan mampir ke objek wisata Gua Donan, menyayangkan kondisi objek wisata yang rusak dan tak terawat.

“Kalau pihak Pemkab sudah tidak mampu membiayai sendiri, sebaiknya jalin kerjasama dengan pihak swasta. Agar wisata Gua Donan bisa terawat dan makin tertata dengan baik. Dengan begitu, bisa menghasilkan pendapatan daerah,” urainya.

Apandi sangat yakin banyak pihak swasta mau berinvestasi di objek wisata yang ada di Kab. Pangandaran. Sebab, keindahan pantai dan objek wisata lainnya di Pangandaran sudah sangat terkenal dan menjadi primadona bagi wisatawan.

Meski tak seramai dulu, Gua Donan menurut Sumarno, pemilik warung kopi di objek tersebut, selalu saja dikunjungi wisatawan. “Kondisi begini saja selalu ada yang datang, apalagi bila dirawat dan diperbaiki, pasti ramai pengunjung. Saya berharap pihak Pemkab Pangandaran segera memperbaikinya,” harapnya.

Sumarno menambahkan, objek wisata Gua Donan menjadi tempat mencari rezeki bagi warga sekitar. Untuk itu, perbaikan dan pembenahan akan berdampak kepada perekonomian warga setempat. (Andri/Koran-HR)