Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Buka Peluang Selenggarakan CPNS Jalur Umum

Pemkab Ciamis Buka Peluang Selenggarakan CPNS Jalur Umum

Foto: Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah sebelumnya menolak menerima jatah penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dari jalur umum, karena kuota yang diberikan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) hanya untuk 33 lowongan, Pemkab Ciamis kini tengah melakukan lobi untuk menambah kuota tersebut.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pendekatan ke Kemenpan RB agar kuota CPNS untuk Kabupaten Ciamis ditambah dan disesuaikan dengan kebutuhan.

“Komunikasi dengan pihak Kemanpan terus kami lakukan. Mudah-mudahan saja Kemenpan mengabulkan permintaan kami,“ katanya, usai menghadiri acara Halal Bil Halal Dinas Pendidikan Ciamis, di Gedung Islamic Center, Selasa (12/08/2014).

Namun demikan, kata Iing, apabila usulan penambahan kuota tidak dikabulkan oleh Kemenpan, maka pihaknya akan menolak pemberian jatah kuota CPNS tersebut.

“Karena jika dipaksakan kita menerima 33 kuota CPNS, tentunya tidak akan seimbang antara biaya penyelenggaraan testing CPNS dengan jumlah PNS yang kami dapat. Sebab, meski kuota sedikit, tetapi pendaftar tetap akan membludak atau di kisaran 5000 sampai 10000 orang. Kalau begitu tentunya Pemkab rugi,” ungkapnya.

Iing mengatakan, pihaknya sebenarnya sangat membutuhkan penambahan jumlah PNS untuk mengisi kekurangan pegawai di beberapa OPD. Namun, penambahan itu harus sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan oleh Pemkab Ciamis. “Kita membutuhkan penambahan PNS hingga angka ratusan. Makanya, kita usulkan agar kuota ditambah, minimalnya di kisaran kuota seratus,” pungkasnya. (DSW/Koran-HR)