Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita PangandaranPencaker Di Pangandaran Membludak Pasca Lebaran

Pencaker Di Pangandaran Membludak Pasca Lebaran

Foto : Ilustrasi

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran banyak didatangi para pencari kerja (pencaker). Sepanjang dua hari ini saja 68 pencaker yang mengurusi kartu kuning (AK1).

Kepala Seksi Tenaga Kerja, Suparman, Selasa (5/8/2014), paska lebaran para pemohon AK1 jumlahnya cukup membludak. Mayoritas Pencaker berencana melamar pekerjaan keluar daerag seperti Bekasi, Bandung, Tangerang dan Jakarta.

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Marjo, menyebutkan, pada bulan Januari 2013 sampai Agustus 2014, tercatat sudah sebanyak 1.370 orang Pencaker yang datang kepada pihaknya. “Sekitar 60 persen pencaker sudah mendapatkan pekerjaan. Sisanya masih menganggur atau belum bekerja,” jelas Marjo.

Menurut Marjo, masa berlaku AK1 adalah 2 tahun. Bagi pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan, dianjurkan untuk melakukan daftar ulang AK 1 selama 6 bulan sekali.

Tujuannya, kata Marjo, agar pihaknya dapat mengetahui dan mengevaluasi jumlah pemohon yang sudah mendapat pekerjaan dan yang belum. “Sekarang kita lebih fokus tertib administrasi dan keuangan dulu. Kedepan akan ada pelatihan calon tenaga kerja untuk meningkatkan kemampuan pencaker,” katanya.

Menurut Marjo, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengadakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dengan anggaran Rp. 52 juta. Pesertanya, perwakilan dari 10 kecamatan terdiri dari 150 orang peserta.

Pada kesempatan itu, Marjo menambahkan, Pangandaran merupakan daerah pariwisata, pastinya banyak terdapat perhotelan dan restoran. Diharapkan, pihak perhotelan dan restoran menjalin kerjasama dengan perusahaan lain dalam rekrutmen tenaga kerja. (Madlani/Koran-HR)