Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita BanjarPenjual Bendera di Banjar Rela Lebaran di Rantau

Penjual Bendera di Banjar Rela Lebaran di Rantau

Para penjual bendera dan umbul-umbul sudah berjualan di Kota Banjar sejak bulan Juli lalu. Foto: Eva Latifah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, para penjual bendera dan umbul-umbul terlihat ramai hampir di setiap sudut wilayah Kota Banjar.

Peringatan HUT RI yang ke-69 tahun ini tak sampai dua pekan lagi. Berbagai persiapan dilakukan, begitu pun para penjual bendera musiman yang datang dari berbagai daerah. Bahkan, ada sebagian pedagang yang tetap berjualan saat hari Lebaran.

Salah satunya Nanang (43), pedagang bendera musiman asal Bandung. Dia bersama anaknya, rutin mendatangi Kota Banjar untuk menjual bendera. Bendera yang dibawanya pun bervariasi ukurannya.

“Saya datang ke Banjar dari tanggal 25 Juli lalu. Bahkan saat Lebaran tidak pulang karena akan lebih besar lagi pengeluaran, sementara dagangan belum begitu laku. Jadi ya saya manfaatkan saja di hari Lebaran juga tetap jualan. Alhamdulillah ada saja yang beli, walaupun hanya satu dua pembeli saja,” tutur Nanang, kepada HR, Sabtu (02/08/2014).

Dia mengaku sengaja memilih lokasi di jantung Kota Banjar untuk menjual barang daganganya, lantaran letaknya startegis dan mudah di jangkau konsumen. Jenis bendera yang ditawarkan beraneka ragam, mulai dari jenis background super jumbo, garuda super, umbul-umbul, dan bendera berbahan plastik.

Harga paling murah dibandrol dari Rp.10.000 hingga yang termahal Rp.150 ribu. Rencananya Nanang akan berjualan sampai tanggal 16 Agustus 2014 mendatang. Sebab menurutnya, satu hari sebelum pelaksanaan HUT RI biasanya banyak konsumen yang datang membeli bendera atau umbul-umbul.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, dagangan saya justru paling lakunya itu satu hari sebelum hari H. Makanya saya sekarang pun membawa barangnya banyak supaya tidak harus balik dulu ke Bandung,” tuturnya.

Nanang mengaku, bendera dagangannya itu dipesan dari dari salah satu pengusaha konveksi rumahan yang ada di Bandung. Jenis bendera yang paling banyak diminati konsumen adalah bendera plastik untuk dipasangkan di kendaraan, yakni sepeda motor dan mobil, dan bendera untuk dipasang di depan rumah maupun di instansi pemerintah atau swasta.

Di tempat yang sama, Yanyan Suryana (41), salah seorang konsumen yang tengah membeli bendera untuk dipasangkan di depan rumahnya, mengatakan, meski HUT RI terhitung sekitar dua pekan lagi, namun dirinya sengaja membeli dari sekarang.

“Dipasangnya juga kan biasanya satu minggu sebelum hari H, jadi belinya dari sekarang biar nanti tinggal masang. Setiap tahun saya beli bendera yang baru, meskipun yang tahun kemarin masih cukup bagus. Masalah harga, ya saya kira masih wajar lah, bahannya juga bagus-bagus,” pungkasnya. (Eva/Koran-HR)