Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita CiamisProtes Unik Warga Rancah Ciamis Terhadap Kerusakan Jalan

Protes Unik Warga Rancah Ciamis Terhadap Kerusakan Jalan

Spanduk ungkapan protes sekaligus meyindir yang dibuat warga Rancah, menyikapi kerusakan jalan yang terjadi di daerah tersebut. Photo : Deni Supendi/ HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ada-ada saja cara unik yang dilakukan warga Desa Kiarapayung, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa barat untuk memprotes kerusakan jalan disana. Salah satunya dengan membuat ungkapan lucu dan menyindir dalam sebuah spanduk yang kemudian dibentangkan di pinggiran jalan rusak tersebut.

Rita, warga Kiarapayung, Senin (4/8/2014), mengungkapkan kekesalan warga karen jalur vital yang melintasi wilayah tersebut tidak kunjung diperbaiki. Namun demikian, dia menilai kekesalan warga Kiarapayung masih terbilang cukup postif dan tidak anarkistis.

IMG01282-20140719-0912“Warga membuat ungkapan-ungkapan lucu, namun sebenarnya itu bentuk sindiran dan protes terhadap pemerintah,” katanya.

Menurut Rita, hal ini merupakan bentuk protes warga terhadap Pemerintah Kabupaten Ciamis yang membiarkan jalan yang melintasi wilayah Desa Kiarapayung rusak parah. Dia juga menjelaskan, kerusakan jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Sukadana, Rancah dan daerah lain itu sudah sering memakan korban.

“Lebih parah lagi kalau hujan. Air sudah pasti akan menutup jalan berlubang. Dan pengendara yang tidak tahu pasti terjebak di lubang. Tidak hanya itu, air juga menyebabkan jalanan menjadi licin,” tandasnya.

Dari pantauan harapanrakyat.com, beberapa ungkapan berisikan sindiran dan protes itu seperti “Nikmati Goyangnya Meski tak Senikmat Goyang Pantura”. Ungkaan yang lainnya berisi, “Nikmati Jalan Berlubang! Meski tak Senikmat Lubang Berjalan”. (Deni/R4/HR-Online)